Senin, 26 Oktober 2020

Bertambah Lagi, Petugas Pemilu Meninggal di Jatim Jadi 26 Orang

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Purnama suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mendata, jumlah petugas pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang meninggal pascapemungutan suara 17 April lalu bertambah lagi. Per hari ini, Rabu (24/4/2019), petugas yang gugur menjadi 26 orang.

Setidaknya ada tujuh petugas tambahan, baik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan petugas pendukung yang meninggal.

Sebelumnya, pada Selasa (23/4/2019), KPU Jatim mencatat ada 19 orang petugas pemilu meninggal, termasuk Linmas dan petugas pendukung pemilu. Sementara 47 orang lain dirawat di rumah sakit, puskesmas, maupun di rumah masing-masing.

Choirul Anam Ketua KPU Jawa Timur mengatakan, kali ini jumlah petugas yang sedang menjalani perawatan juga bertambah. Ada 50 orang petugas pemilu yang dirawat baik di rumah sakit, puskesmas, maupun di rumah masing-masing.

“Masih sama, penyebabnya sebagian besar memang kelelahan akibat proses yang begitu panjang dan tekanan pekerjaan yang berat. Ada sebagian dipicu penyakit yang diderita sebelumnya, ada juga yang mengalami kecelakaan,” ujar Anam.

Tidak banyak yang bisa dilakukan KPU Jawa Timur. Salah satunya, dalam proses tahapan Pemilu yang tersisa ini, KPU akan terus melibatkan tenaga medis baik dari Dinas Kesehatan maupun dari rumah sakit milik TNI dan Polri.

Anam pun mengimbau agar seluruh petugas menjaga kesehatan masing-masing dan memaksimalkan waktu istirahat sehingga tidak sampai kelelahan. Proses tahapan pemilu masih tetap dilanjutkan. Sejumlah daerah masih harus melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

“Kami saat ini sedang berupaya mengajukan ke KPU RI agar setidaknya ada pemberian santunan kepada keluarga petugas yang gugur saat menjalankan tugasnya di Pemilu 2019 ini,” katanya.

Berikut ini daftar wilayah dan jumlah petugas pemilu yang meninggal baik saat pemungutan suara 17 April 2019 maupun pascapemungutan suara.

1. Kabupaten Blitar: 2 petugas meninggal
2. Kota Mojokerto: 1 petugas meninggal
3. Kabupaten Jombang: 1 petugas meninggal
4. Kabupaten Sumenep: 3 petugas meninggal
5. Kabupaten Lumajang: 3 petugas meninggal
6. Kabupaten Probolinggo: 2 petugas meninggal
7. Kabupaten Bojonegoro: 2 petugas meninggal
8. Kota Malang: 1 petugas meninggal
9. Kabupaten Malang: 1 petugas meninggal
10. Kota Surabaya: 2 petugas meninggal
11. Kabupaten Sidoarjo: 2 petugas meninggal
12. Kabupaten Pasuruan: 1 petugas meninggal
13. Kota Pasuruan: 1 petugas meninggal
14. Kabupaten Magetan: 1 petugas meninggal
15. Kabupaten Kediri: 1 petugas meninggal
16. Kabupaten Lamongan: 1 petugas meninggal
17. Kabupaten Tuban: 1 petugas meninggal.(den/dwi)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Bundaran Margomulyo

Macet di Tol Waru arah Satelit

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Surabaya
Senin, 26 Oktober 2020
28o
Kurs