Rabu, 8 Mei 2024

“Bioling” Bioskop Keliling, Sarana UMM Mendidik Masyarakat

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Mobil Bioskop Keliling milik Universitas Muhammadiyah Malang. Foto: Antara

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya meningkatkan peran sertanya untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat di Tanah Air, khususnya Jawa Timur, dengan program Mobil Bioskop Keliling (Bioling) alias layar tancap.

Mohammad Isnaini Sekretaris Humas dan Protokol UMM, di Malang, Selasa (15/1/2019), mengatakan, Bioling merupakan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Tidak semua orang punya kesempatan untuk pergi ke bioskop. Oleh karenanya, UMM berusaha berperan untuk mengedukasi dan melayani masyarakat yang tidak memiliki kesempatan ke bioskop agar tahu film-film Indonesia,” ungkapnya.

Seperti jangkauan Mobil Kamis Membaca (KaCa) yang sudah diluncurkan dan beroperasi lebih dulu, Bioling akan menyasar tempat-tempat khusus untuk lebih menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas. Seperti ke lembaga pemasyaratakan, panti jompo, dan tempat-tempat khusus lainnya.

Ia menambahkan, memberikan edukasi dengan konsep hiburan kepada masyarakat kurang beruntung sangat perlu dan UMM ingin terus mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat tanpa mengekslusifkan siapa pun.

Lebih lanjut, Isnaini mengatakan pemutaran film melalui Bioling atau layar tancap juga bertujuan memberi informasi tentang kebudayaan terkait budaya lokal. Masyarakat diajak untuk mengenal berbagai film yang memiliki nilai edukasi dan kebudayaan melalui layar tancap.

Pemutaran film perdana melalui Bioling sudah dilakukan di Panti Asuhan Pakisaji, Kabupaten Malang, Minggu (13/1/2019). Gerimis tak menyurutkan antusiasme warga Pakisaji untuk menghadiri gelaran sekaligus peluncuran Mobil Bioling UMM. Warga sekitar memadati pelataran Panti Asuhan tersebut.

Rozy Pengurus Panti Asuhan Pakisaji mengaku senang dengan hadirnya Mobil Bioling ke panti asuhan yang ia asuh.

“Anak-anak kalau mau ke bioskop itu jauh sekali dan mahal. Oleh karena itu, ketika ada bioskop keliling UMM mau ke panti, saya langsung setuju,” ujar Rozy.

Selain menyediakan dan memutar film-film terbaru, Bioling juga menyediakan film garapan mahasiswa UMM sendiri. Bioling melengkapi keberadaan Mobil KaCa yang juga berkeliling untuk mengedukasi masyarakat luas terkait literasi, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat lainnya. (ant/wil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
27o
Kurs