Sabtu, 20 April 2024

Cara Menghindari Sensor Facebook di Messenger

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Tampilan balon obrolan berwarna-warni di aplikasi Facebook Messenger. Foto: messengernews.fb.com

Facebook banyak dikecam karena telah mentranskrip audio percakapan pengguna di Facebook Messenger demi menguji kerja teknologi kecerdasan buatan (Artifical Intelligence/AI) di laman jejering sosial terpopuler dunia itu.

Sebagian orang kadang memilih mengobrol dengan teman dekat di Facebook Messenger ketimbang WhatsApp yang sering diinspeksi istri atau suami. Tapi apakah percakapan di Facebook Messenger aman? Ternyata tidak juga.

Bloomberg belum lama lalu melaporkan bahwa Facebook telah menstranskrip percakapan audio pengguna Facebook Messenger dengan mempekerjakan ratusan tenaga kontrak untuk mengerjakan hal itu, seperti dilansir Antara.

Facebook Messenger memang menyediakan fitur voice to text yang mengonversi pesan suara pengguna menjadi tulisan dalam obrolan di aplikasi.

Tidak hanya Facebook yang dituding melanggar privasi pengguna, Apple juga dengan Siri-nya dan Google melalui Google Assistant, bahkan Microsoft juga mendengarkan percakapan pengguna Skype, termasuk percakapan vulgar.

Untuk menghindari suara percakapan Anda ditranskrip dan diketahui Facebook, berikut cara menonaktifkan fitur voice to text di Facebook Messenger, mengutip Today, Kamis:

Pilih “tidak” (no) ketika muncul pertanyaan yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan suara ke teks untuk obrolan.

Cegah aplikasi Facebook mengakses mikrofon di ponsel Anda. Untuk iPhone, buka Pengaturan (Settings), lalu ketuk aplikasi Facebook dan matikan akses mikrofon.

Di ponsel Android, buka Pengaturan, lalu “Aplikasi dan pemberitahuan” (Apps & notifications) lalu pilih aplikasi Facebook, ketuk Izin (Permission), lalu mikrofon, lalu tekan “Tolak” (Deny).

Gunakan opsi “percakapan rahasia” (secret conversation) di Facebook, yang dienkripsi di kedua ujungnya dan tidak mungkin dituliskan dengan pesan suara. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs