Senin, 6 Mei 2024

Cegah Longsor, Warga Madiun Tanam 6 Ribu Bibit Sengon

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Untuk meminimalisir kejadian bencana terutama longsor saat musim penghujan ini, warga Desa Cermo Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, menggelar aksi reboisasi.

Derri dari Radio Ge FM Madiun melaporkan dalam jaring Radio Suara Surabaya, sebanyak 6 ribu bibit sengon laut ditanam di sebuah lahan kosong. Lahan tersebut sebelumnya merupakan semak belukar yang jarang terdapat pepohonan untuk menampung air serta memiliki akar kuat sebagai penyangga kontur tanah.

Sutrisno Koordinator Aksi Reboisasi mengatakan, pihaknya mengajak warga sekitar untuk menggelar reboisasi sebagai kampanye pencegahan bencana.

“Reboisasi ini dilakukan pada musim hujan untuk mengurangi erosi tanah oleh angin dan air, sebagai langkah pelestarian kesuburan lahan pertanian sekitar,” ungkapnya.

Sutrisno juga mengatakan, daerah sekitar memang merupakan daerah rawan bencana, utamanya longsor. Hal ini karena wilayah yang berada di lereng Gunung Wilis.

Gerakan reboisasi ini sendiri merupakan kegiatan rutin setiap musim hujan, tahun ini kali keempat reboisasi dilaksakan. (wil/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs