Sabtu, 27 April 2024

Danbrigif 2 Marinir Kunjungi Prajuritnya di Platoon Exchange 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M., Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir (tengah) berdialog dengan satu diantara prajurit Marinir Amerika Serikat. Foto: Dispen Kormar

Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M., Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir meninjau prajuritnya di latihan bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo, Senin (12/8/2019).

Dalam kunjungannya tersebut, Komandan Brigif 2 Marinir berkesempatan melihat secara langsung prajurit Marinir kedua Negara yang sedang melaksanakan drill menembak tempur offensive dan lomba bongkar pasang senjata antar peleton.

Orang nomor satu di Brigif 2 Marinir tersebut berpesan kepada seluruh prajurit agar melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan mematuhi semua aturan yang diberikan pelatih sehingga semua materi yang dilatihkan dapat diterima dan dilaksanakan. Selain itu juga selalu mengutamakan faktor keamanan agar latihan benar-benar zero accident.

“Kalian merupakan prajurit pilihan dan etalase dari prajurit Korps Marinir TNI AL, latihan yang kalian laksanakan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, gali ilmu sebanyak-banyaknya dan terapkan ilmu yang kalian dapat dari latihan ini di satuan masing-masing,” terang Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M.


(Prajurit Marinir TNI AL bersama prajurit Marinir Amerika Serikat santap Sate dan Gule Kambing kenalkan kearifan lokal Idul Adha. Foto: Dispen Kormar)

Pada kesempatan itu, Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, Latihan Bersama Platoon Exchange 2019 antara Marinir Indonesia dan Marinir Amerika tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan kerjasama Marinir kedua negara, juga sebagai wahana untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dihadapkan pada tuntutan tugas ke depan.

Dijelaskan pula oleh Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, untuk materi latihan meliputi patroli tempur, menembak reaksi, pertempuran jarak dekat, jungle survival, GMUK dan Serangan, dengan daerah latihan di Puslatpurmar 5 Baluran dan hutan Selogiri, Banyuwangi.

Pada kunjungannya ini Komandan Brigif 2 Marinir didampingi Komandan Puslatpurmar 5 Baluran Mayor Marinir Widarta Kusuma, S.E., M.Tr. Opsla disambut oleh Komandan Batalyon Infanteri 3 Marinir Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado dan Perwira yang tergabung dalam Latma Platex 2019.

Sementara itu, bersamaan dengan perayaan Idul Adha, prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam latihan bersama Platoon Exchange (Platex) mengenalkan tradisi perayaan Idul Adha kepada Marinir Amerika di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo, Minggu (11/8/2019).

Setelah melaksanakan sholat Idul Adha 1440 H di Masjid Jabal Aqsha Puslatpurmar 5 Baluran, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang disaksikan Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo selaku Komandan Satgas Latma Platex 2019, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung dan marinir Amerika.

Diulanjutkan makan bersama dengan hidangan Sate dan Gule, yangjuga diikuti para prajurit Marinir TNI AL bersama Marinir Amerika Serikat. Prajurit Marinir Amerika Serikat terlihat antusias saat menyantap Sate yang dipadu dengan Gule yang merupakan kuliner khas Indonesia khususnya saat perayaan Idul Adha.

Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo Komandan Satgas Latma Platex 2019 mengatakan, kegiatan bertujuan mempererat kebersamaan Marinir kedua Negara, sekaligus memperkenalkan kearifan lokal perayaan Idul Adha kepada Marinir Amerika.

“Makan bersama seluruh prajurit yang tergabung Latma Platex 2019 merupakan bukti persaudaraan Marinir (Marine Brotherhood), dengan harapan seluruh prajurit semakin akrab sehingga dapat melaksanakan latihan dengan aman dan lancar,” tegas Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs