Jumat, 19 April 2024

Danpasrat Periksa Kesiapan Material Tempur, Jelang Latihan Marinir 2019

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Danpasrat saat memeriksa kesiapan peralatan material tempur. Foto: Dispen Kormar

Menjelang Latihan Pasukan Pendarat Korps Marinir tahun 2019, Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M selaku Komandan Pasukan Pendarat (Danpasrat) melaksanakan pengecekan kesiapan material tempur di lapangan Garase Ranpur Mako Menkav 2 Mar Kesatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya, Rabu (15/5/2019).

Dalam Latihan Pasukan Pendarat Korps Marinir tahun 2019 yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Asembagus, Situbondo tersebut melibatkan prajurit Korps Marinir dari Pasmar 2 dan beberapa material tempur Korps Marinir diantaranya BMP-3F, LVT-7A1, BTR-50, KAPA K61, MLRS Vampire dan Howitzer 105 mm.

Dalam arahannya, Komandan Pasrat Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M mengatakan, gelar kesiapan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan material beserta pengawaknya yang akan melaksanakan Latihan Pasukan Pendarat Korps Marinir tahun 2019.

Dengan dilaksanakan pengecekan, lanjutnya, maka kekurangan-kekurangan yang ada dapat dipenuhi atau dilengkapi sebelum melaksanakan latihan sehingga dalam latihan nanti dapat berjalan dengan aman, lancar dan benar-benar zero accident.

“Semua kegiatan latihan ini tergantung pada kalian, karena kalian yang mengantarkan pasukan pendarat dari laut ke darat, harwat harus bertangung jawab atas kesiapan ranpur yang kita gunakan, yakinkan semua dalam kondisi siap,” tegas Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono.

Dalam pelaksanaannya nanti di lapangan, tambah Agus, mulai embarkasi, Gerakan Kapal Kepantai (GKK) dan serbuan, agar melaksanakan komunikasi dengan baik, semua harus terkendali dan berbuat yang terbaik, faktor keselamatan dan keamaan baik personel dan material adalah hal yang utama.

“Jadikan momen latihan ini untuk mengukur kemampuan kekuatan satuan tempur yang telah kita siapkan, sehingga profesionalisme prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat dapat ditingkatkan,” pungkas Agus.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pasintel Menkav 2 Mar Letkol Mar Yosafat .R.H, Pasops Menkav 2 Mar Letkol Mar Tommy Dwijanto, Paspers Menkav 2 Mar Letkol Mar Sugeng, Pasops Menart 2 Mar Letkol Mar Marhabang, Pabantik Ops Pasmar 2 Letkol Mar Agus Setiadi, Danyontankfib 2 Mar Mayor Marinir Jumarlang, Danyonranratfib 2 Mar Mayor Marinir Iwan Permana, Danyonkapa 2 Mar Mayor Marinir Jaka Sulistiana Putra, Wadan Yonif 3 Mar Mayor Marinir Widi Permana, Kasilat Ops Menkav 2 Mar Mayor Marinir Aloysius.Y dan Kasiops Menkav 2 Mar Mayor Marinir Arif Wahyudi.(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs