Sabtu, 27 April 2024

Danrem 084 BJ, Ingatkan Awak Media Tidak Ikut-ikutan Sebar Hoax

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Fun Fishing jajaran Korem 084 Bhaskara Jaya bersama wartawan Kota Surabaya, di kolam pancing Makorem 084 Bhaskara Jaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Kolonel Inf. Sudaryanto, S.E., Komandan Korem (Danrem) 084 Bhaskara Jaya, ingatkan awak media untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan hoax. Itu disampaikan, Rabu (20/3/2019) disela-sela kegiatan fun fishing bersama wartawan di kolam pancing Makorem 084 Bhaskara Jaya.

“Jangan sampai kawan-kawan semua ini, kawan-kawan media, awak media, ikut-ikutan menyebarkan atau menyiarkan kabar tidak benar, hoax. Itu sangat merugikan, dan dapat membahayakan kesatuan dan persatuan bangsa,” tegas Sudaryanto.

Hoax saat ini, lanjut Sudaryanto dekat dengan keberadaan masyarakat, dan kadang menjadi sesuatu yang dipercaya sebagai sebuah kebenaran. “Padahal kalau ditinjau dari syarat-syarat sebuah pemberitaan, hoax tentu saja sangat tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Sudaryanto.

Oleh karena itu, Sudaryanto mengingatkan kepada setiap awak media dalam profesi maupun kehidupan sehari-hari untuk tidak ikut menyiarkan kabar bohong atau hoax ke tengah-tengah masyarakat.

“Ini memang tanggungjawab kita bersama. Tetapi sebagai awak media, dan bagian dari media itu sendiri, maka anda-anda adalah yang memiliki peran sangat besar untuk menghilangkan atau tidak menyiarkan kabar bohong atau hoax tersebut,” tambah Sudaryanto.

Usai menyampaikan itu, Sudaryanto langsung memberikan aba-aba kepada sejumlah awak media dari berbagai media cetak, televisi, maupun online yang memang hadir untuk mengikuti kegiatan mancing bersama jajaran Korem 084 Bhaskara Jaya dengan wartawan berbagai media di Kota Surabaya.

Puluhan wartawan langsung beraksi masing-masing menggunakan stik pancing dan berjejer di tepi kolam ikan yang ada di kolam pancing Makorem 084 Bhaskara Jaya. Beberapa saat, teriakan satu diantara wartawan menandai keberhasilan mendapatkan satu ekor ikan Nila.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs