Kamis, 28 Maret 2024

Demi Keamanan, Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru Hong Kong Dibatalkan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Pesta kembang api di Hong Kong. Foto: Reuters

Pesta kembang api Malam Tahun Baru Hong Kong yang populer akan dibatalkan untuk pertama kalinya dalam satu dekade, karena lebih dari enam bulan protes meningkatkan kekhawatiran akan keamanan, Dewan Pariwisata Hong Kong mengatakan pada Rabu (18/12/2019).

Kembang api biasanya menarik ribuan penduduk setempat dan wisatawan untuk berkunjung ke Victoria Harbour yang indah dan penghitungan mundurnya disiarkan ke seluruh dunia, seperti dilansir Antara.

Dipicu oleh undang-undang ekstradisi yang kontroversial dan sekarang ditarik, protes yang sedang berlangsung di bekas koloni Inggris telah melumpuhkan sektor pariwisata dan ritel, dengan beberapa acara budaya dan olahraga internasional tinggi dibatalkan dalam beberapa bulan terakhir.

Kembang api itu akan diganti dengan “Symphony of Lights” sebuah pertunjukan lampu multimedia, yang melibatkan proyeksi gedung pencakar langit tertinggi di kota pada tengah malam, kata pejabat pariwisata. Fasad pada Pusat Konvensi dan Pameran Hong Kong yang berada di tepi perairan akan diubah menjadi jam hitung mundur raksasa.

Piroteknik skala kecil akan dilepaskan dari atap-atap gedung di sekitar.

Dewan pariwisata “sangat mementingkan keselamatan publik dari semua acara yang diselenggarakannya,” katanya dalam pernyataan yang dikirim melalui email.

“Mengingat situasi saat ini di Hong Kong, kami telah memutuskan untuk mengadopsi format baru.”

Dewan mengatakan kedatangan wisatawan di Hong Kong jatuh 56 persen tahun-ke-tahun pada November, penurunan paling tajam dalam 15 tahun, ketika kota itu dilanda wabah epidemi sindrom pernapasan akut (SARS) yang parah.

Acara-acara lain yang akan dibatalkan termasuk turnamen rugby tahunan ke-10 Hong Kong Football Club Club Rugby, yang dijadwalkan akan diadakan pada bulan April, dan Clockenflap, salah satu festival musik terbesar di Asia, yang dibatalkan bulan lalu.

Hong Kong jatuh ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam satu dekade di kuartal ketiga. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs