Minggu, 29 Mei 2022

Dewan Pers Mengutuk Kekerasan Terhadap Jurnalis Peliput Unras

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Suprawoto Bupati Magetan menyerahkan buku karyanya kepada Mohammad Nuh Ketua Dewan Pers, dan Iping Suara Surabaya di pendopo Kabupaten Magetan, Jumat (27/9/2019) malam. Foto: Istimewa

Mohammad Nuh Ketua Dewan Pers menyatakan, Dewan Pers mutlak mengutuk kekerasan terhadap jurnalis peliput aksi unjuk rasa.

“Tidak boleh kawan-kawan jurnalis diperlakukan demikian dan bukannya diberikan perlindungan karena mereka bekerja atas nama Undang-Undang,” kata Mohammad Nuh kepada suarasurabaya.net, di sela-sela acara Media Gathering di Pemkab Magetan, Jumat (27/9/2019) malam.

Mohammad Nuh menegaskan, rekaman dan tulisan jurnalis adalah bagian dari informasi yang merupakan hak asasi masyarakat.

“Siapa pun harus menghormati, memberikan perlindungan, serta memberikan akses agar kawan-kawan media bisa mendapatkan berita, bisa melihat kejadian, apa duduk perkara sebenarnya,” ucapnya.

Melihat fakta terjadinya sejumlah tindak kekerasan yang dialami jurnalis saat bertugas, Nuh meminta pelakunya diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Karena sudah terjadi, maka stop. Siapa yang melakukan itu, selesaikan secara hukum, sesuai aturan yang berlaku,” kata dia.

Adapun tindakan yang telah ditempuh Dewan Pers untuk memberikan perlindungan terhadap jurnalis yang bertugas yaitu dengan melakukan negosiasi dan komunikasi dengan berbagai pihak.(ipg/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs