Jumat, 3 Mei 2024

Diploma Perbanas Competition Ramaikan Dies Natalis ke 49 STIE Perbanas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kompetisi yang memang ditujukan menjawab ketertarikan pelajar dibidang bisnis dan perbankan di STIE Perbanas Surabaya. Foto: Humas STIE Perbanas

Himpunan Mahasiswa Diploma 3 (HMD) STIE Perbanas Surabaya gelar kompetisi Diploma Perbanas Competition (DPC), memenuhi ketertarikan pelajar SMA, SMK sederajat dibidang bisnis dan perbankan..

Kompetisi yang diikuti sekurangnya 80 tim dari sejumlah sekolah di Jawa Timur ini dibagi menjadi dua, yakni Lomba MYOB (software Akuntansi) dan Banking Operation Competition (BOC).

Rohmad Fuad Armansyah, S.E., M.Si., Sekretaris Program Diploma 3, menyampaikan bahwa kompetisi diselenggarakan setiap tahun. Selain pengenalan dunia kampus, kompetisi ini juga dimanfaatkan untuk menjaring dan menggali kompetensi siswa, khususnya bidang Akuntansi dan Perbankan.

“Lomba ini jadi wadah bagi STIE Perbanas Surabaya serta himpunan mahasiswa Diploma untuk berbagi pengalaman sekaligus mengenalkan kampus. Bahkan, juga dijadikan media sharing keilmuan untuk siswa siswi SMA/SMK/MA,” terang Rohmad Fuad Armansyah.


Khoirun Nisak dan tropi serta juara pada Diploma Perbanas Competition. Foto: Humas STIE Perbanas

Untuk lomba Akuntansi MYOB, peserta lomba harus menyelesaikan soal berkaitan dengan studi kasus dan penerapan ilmu Akuntansi dengan menggunakan software MYOB.

Begitu pula peserta lomba BOC, mereka mengerjakan soal tentang perbankan. Bedanya, peserta lomba BOC harus melewati babak Case Problem of Banking dan Role Play serta Grooming untuk meraih juara.

Berdasarkan catatan dewan juri kompetisi, untuk pemenang Lomba Akuntansi MYOB, Juara I diraih oleh SMK Negeri Mojoagung Jombang, Juara II diraih oleh SMK Negeri Pogalan, dan Juara III diraih oleh SMK Negeri 1 Gresik.

Sedangkan Lomba Banking Operation, Juara I disandang oleh SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, Juara II diterima SMK Negeri 1 Jombang, dan Juara III diraih oleh SMK Negeri 1 Bojonegoro.

Khoirun Nisak, siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang peraih Juara I Banking Operation Competition, mengatakan bahwa kompetisi ini menarik dan menantang untuk diikuti pelajar.

“Persiapan saya sangat singkat berkat informasi dari guru melalui WhatsApp. Kemudian, langsung berangkat dan belajar semalam sebelum lomba. Dan, Alhamdulillah bisa mengerjakan semua dan semua itu,” cerita Khoirun Nisak, Senin (21/1/2019).

Di samping kegiatan lomba, segenap guru pendamping yang hadir diberikan fasilitas untuk mengikuti seminar tentang Visualisasi Laporan Keuangan dalam bentuk Ms. Excel.

Semua data keuangan dapat diolah dengan program tersebut hingga akhirnya bisa ditampilkan dalam bentuk dashboard. Kegiatan kompetisi kali ini adalah bagian dari kegiatan Dies Natalis ke-49 STIE Perbanas Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs