Minggu, 19 Mei 2024

Dishub Jatim Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Angkutan Selama Lebaran

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Fattah Jasin Kepala Dinas Perhubungan Jatim. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan Provinsi Jatim memastikan tidak ada kenaikan tarif angkutan selama Lebaran 2019, terutama untuk angkutan bus kelas ekonomi. Ini disampaikan Fattah Jasin Kepala Dinas Perhubungan Jatim.

“Bu Gubernur sesuai kewenangannya tidak melakukan revisi atau tidak merevisi tarif angkutan, baik batas bawah maupun atas,” kata Fattah, Rabu (29/5/2019).

Fattah mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengawasan untuk memastikan tidak ada permainan tarif di lapangan. Pihaknya akan menerjunkan sejumlah anggota untuk mengawasi setiap bus.

Apabila ada temuan tarif yang tidak wajar, lanjut dia, pihaknya pun tidak segan akan menjatuhkan sanksi kepada perusahaan angkutan itu. Mulai dari peringatan hingga pencabutan izin operasionalnya.

“Kami akan menerjunkan petugas di lapangan dengan tidak menggunakan seragam atau menyamar untuk melihat apakah terjadi pelanggaran adanya permainan tarif angkutan. Itu sudah ada ketentuannya. Kalau melanggar ya diperingatkan, sampai dicabut (izin operasionalnya),” ujarnya.

Selain bus, kata dia, sejumlah moda transportasi lainnya seperti kereta api dan kapal penyeberangan juga dipastikan tidak ada kenaikan tarif. Bahkan, tiket pesawat justru mengalami penurunan harga hingga 16 persen. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
33o
Kurs