Kamis, 2 Mei 2024

Dosen Unej dan Istri Meninggal Tertabrak KA Tawangalun di Jember

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. KA Tawangalun rute Banyuwangi-Malang. Foto: jatimnet

Askin (49), Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (Unej), dan istrinya Inggar Nurcahyani meninggal dunia setelah tertabrak KA Tawangalun rute Banyuwangi-Malang di pintu perlintasan tidak terjaga di Jalan Mangga, Kelurahan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (2/7/2019).

“KA Tawangalun di KM 198+5 antara Stasiun Arjasa – Jember tertemper pengendara sepeda motor, sehingga korban mengalami luka berat,” kata Luqman Arif Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 di Kabupaten Jember.

Informasi yang dihimpun di lapangan, pasangan suami istri Askin dan Inggar dari pondok penghafal Al Quran Ibnu Katsir hendak menuju kampus Unej dan tidak tahu akan ada kereta api yang melintas di palang pintu yang tidak terjaga tersebut.

Kedua korban terseret sejauh 30 meter dan KA Tawangalun dengan lokomotif CC 2019901 sempat berhenti mendadak, namun pasangan suami istri yang mengendarai sepeda motor berwarna putih itu langsung meninggal dunia di lokasi kejadian.

“Setelah pemeriksaan lokomotif dan rangkaian, maka KA Tawangalun kembali melanjutkan perjalanan dan kedua korban dibawa ke Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember,” katanya kepada Antara.

Luqman mengatakan jumlah perlintasan sebidang jalur kereta api yang tidak dijaga di Kabupaten Jember yang terdata sebanyak 66 perlintasan dan enam perlintasan liar, sedangkan yang dijaga oleh petugas KAI sebanyak 26 perlintasan dan yang dijaga oleh pihak lain sebanyak 13 perlintasan di kabupaten setempat.

“Banyak undang-undang dan aturan pelaksanaan yang menegaskan bahwa pengguna jalan di perlintasan KA sebidang harus mengutamakan perjalanan kereta, sehingga perlintasan KA dibuat untuk mengamankan perjalanan kereta,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang akan melewati pintu perlintasan kereta api yang tidak terjaga, agar menoleh ke kanan dan ke kiri terlebih dahulu untuk melihat apakah ada kereta api yang akan melintas atau tidak di jalur rel kereta tersebut.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs