Jumat, 29 Maret 2024

Dua Petugas Pengawal Setnov Diberi Hukuman Tidak Digaji Setahun

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Suasana konferensi pers di Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019). Foto: Antara

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah Jawa Barat menghukum dua petugas Lapas Sukamiskin karena lalai mengemban tugasnya dalam mengawal Setya Novanto.

Ceno Hersusetiokartiko Kepala Divisi Administrasi Kemenkum HAM Jawa Barat mengatakan pemberian hukuman tersebut dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim asesmen Kanwil Kemenkum HAM Jabar usai kepergoknya Novanto yang pelesiran ke toko bangunan di Padalarang.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan pada tanggal 14 Juni terhadap saudara YAP dan SS. Masing-masing melanggar peraturan pemerintah dengan tidak melaksanakan tugas kedinasan, tidak cermat dan tidak bersemangat untuk kepentingan negara,” kata Ceno di Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019).

YAP merupakan komandan regu pengawalan di Lapas Sukamiskin, sedangkan SS merupakan anggota pengawal Novanto saat mantan Ketua DPR RI itu dirawat di Rumah Sakit Santosa Bandung.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata dia, keduanya mendapatkan hukuman. Keduanya diberi hukuman pelanggaran disiplin.

“Untuk SS penundaan gaji berkala selama satu tahun, sementara YAP penundaan kenaikan pangkat,” kata dia, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Liberti Sitinjak Kepala Kanwil Kemenkumham mengatakan kedua petugas tersebut masih berusia muda.

Ia berkomitmen akan kembali melakukan pembinaan untuk para petugas lapas, khususnya yang bertugas di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung.

Mendapat tugas untuk mengawasi warga binaan di Lapas Sukamiskin, kata dia, memang dinilai menjadi tugas berat.

Selain karena mendapat perhatian dari masyarakat, aturan terkadang sulit ditegakkan di lapas tersebut karena dipenuhi warga binaan yang berstatus mantan orang penting.

“Kami akan bongkar. Saya tahu persis,” kata Liberti. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs