Minggu, 28 April 2024

Fatma Foundation Ingatkan Kartini Milenial Sadar Kanker Serviks

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Fatma Saifullah Yusuf pendiri Fatma Foundation saat tasyakuran di kantor Jalan Gayungsari Timur 17, Gayungan, Surabaya, Minggu (21/4/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Hari Kartini 21 April 2019 menjadi momentum Fatma Foundation untuk mengajak seluruh kartini-kartini milenial sadar kanker serviks dan kanker payudara sejak dini.

Fatma Saifullah Yusuf pendiri Fatma Foundation mengatakan, bagi perempuan yang sudah menikah atau pernah berhubungan seks, sangat penting melakukan pap smear untuk mendeteksi dini kanker serviks.

“Karena untuk pencegahan sejak dini. Sebab selama ini, beberapa dokter bilang banyak pasien datang periksa kalau sudah stadiun lanjut,” kata Fatma usai usai tasyakuran kantor di Jalan Gayungsari Timur 17, Gayungan, Surabaya, Minggu (21/4/2019).

Untuk itu, melalui Fatma Foundation, dia berharap kaum perempuan untuk ikut deteksi dini. Menurut Fatma, adanya deteksi dini dan penyuluhan ini bisa mengajarkan kaum perempuan sadar akan kesehatannya.

“Karker serviks dan kanker payudara bahaya sekali bisa mengakibatkan perempuan meninggal karena ketidaktahuan,” katanya.

Fatma mengatakan, dengan berdirinya kantor baru, segala aktivitas Fatma Foundation akan digerakkan. Saat ini Fatma Foundation juga telah memiliki bus kesehatan yang di dalamnya dilengkapi peralatan pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern.

Bus Fatma Foundation sendiri telah berkeliling ke beberapa lokasi dengan melakukan penyuluhan kepada minimal 100 orang dan pemeriksaan papsmear dan payudara secara cuma-cuma khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dengan target 50 orang perlokasi.

Fatma Foundation sendiri saat ini telah melakukan pemeriksaan dan penyuluhan secara gratis di enam lokasi di antaranya di perumahan The Gayungsari Regency, kemudian di Hotel Fatma Jombang, SD Al Hikmah Surabaya, YKP Pandugo I Surabaya, pemeriksaan bagi perempuan nelayan di Gunung Anyar, Surabaya dan terakhir beberapa hari lalu penyuluhan di Rumah Tahanan (Rutan) khusus Perempuan Kelas IIa Surabaya di Medaeng, Sidoarjo.

Dalam waktu dekat, Fatma Foundation juga membuka pap smear di depan Hotel Mercure Jl Darmo Surabaya. Pendaftaran gratis bisa dilakukan melalui She Radio.

“Setelah lebaran kami bergerak lagi, kami akan sentuh daerah Dolly. Selama ini maksimal 100 orang, tapi kadang lebih, tetap kami layani baik yang pakai BPJS maupun yang tidak pakai BPJS,” katanya. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs