Kamis, 2 Mei 2024

Forum Zakat Jatim Gelar Safari ke Lereng Semeru

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Persiapan pemberangkatan safari zakat di halaman Masjid Agung Al Akbar Surabaya, Selasa (30/4/2019). Foto: Istimewa

Forum Zakat Jawa Timur, yang terdiri dari sekitar 23 lembaga amil zakat, Selasa (30/4/2019) menggelar Sazari Zakat di lereng Semeru, Lumajang.

Kegiatan Safari Zakat yang digelar sekitar 23 badan amil zakat, yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur, Selasa (30/4/2019) diberangkatkan dari pelataran masjid agung Al Akbar menuju kawasan lereng gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur.

Para relawan, tim medis bersama lebih dari 100 amil zakat terlibat langsung kegiatan yang digelar selama dua hari, pada Selasa (30/4/2019) dan Rabu (1/5/2019) dan dipusatkan di Kecamatan Guci Alit atau sekitar lereng Gunung Semeru, Lumajang.

Dari pelataran Masjid Agung Al-Akbar, rombongan bertolak menuju Kantor Bupati Lumajang lalu dilanjutkan dengan seremonial penyambutan yang dijadwalkan langsung diterima oleh Bupati Lumajang.

Muhammad Hendy koordinator Safari Zakat menyampaikan bahwa selama kegiatan akan diisi dengan berbagai kegiatan sosial serta pemberdayaan warga masyarakat.

Seperti misalnya pelatihan tabligh akbar, istighotsah, amil camp, bersih-bersih masjid dan pembagian 1.000 paket sembako untuk warga masyarakat yang berhak menerima bantuan.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa kegiatan kolaborasi sekaligus sinergi dari kawan-kawan berbagai lembaga amil zakat ini, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” terang Hendy.

Sementara itu ditambahkan M. Jusuf Ketua FOZ Jatim, bahwa kegiatan kali ini adalah bukti sinergi banyak amil zakat di Jawa Timur sekaligus bukti penguatan peran badan amil zakat di tengah kondisi umat yang semakin maju dan modern.

“Semoga sinergi ini menjadi semakin menguatkan peran lembaga amil zakat dan menjadi titik tolak sinergi segenap badan amil zakat untuk menjadi yang lebih produktif serta memberikan manfaat seluas-luasnya,” tambah M. Jusuf.

Sementara itu, dari catatan panitia dan koordinator Safari Zakat jelang Ramadhan ini, ada sekitar 23 lembaga amil zakat yang tergabung dan bersinergi, diantaranya, Lembaga Manajemen Infaq (LMI), Yatim Mandiri (YM), Nurul Hayat (NH), Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF), Al Haromain, Inisitif Zakat Indonesia (IZI), dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).(tok/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs