Senin, 29 April 2024

Gelar Sidoarjo Green School, Saiful Ilah Ingin Banyak Sekolah Menangi Adiwiyata

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Saiful Ilah Bupati Sidoarjo saat sosialisasi Sidoarjo Green School di Kantor Suara Surabaya Media, Surabaya pada Rabu (18/12/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Saiful Ilah Bupati Sidoarjo menginginkan banyak sekolah di wilayahnya meraih penghargaan Adiwiyata, atau penghargaan bagi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Salah satu caranya, melalui sosialisasi Sidoarjo Green School yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo di Kantor Suara Surabaya Media, Surabaya pada Rabu (18/12/2019).

“Ini pak Sigit (Kadis LHK Sidoarjo, red) yang punya hajat untuk mencari inovasi-inovasi anak-anak kita di sekolah. Supaya sekolah itu, anak sekolah itu kan butuh teduh. Kalau seperti kemarin panas begitu. Tidak ada penghijauannya ya susah,” ujar Saiful Ilah ketika ditemui usai memberi sambutan pada Rabu (18/12/2019).

“Tiap-tiap ada pekarangan yang kosong, lebih baik ditanami tanaman yang hijau. Saya tadi katakan kalau bisa sawo kecik. Sawo kecik ini tanaman yang daunnya tidak gampang rontok dan berbuah. Buahnya itu bisa dimakan manusia, dan kewan kelelawar itu seneng,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, sebenarnya Sidoarjo sudah memiliki beberapa sekolah yang pernah mendapatkan penghargaan Adiwiyata. Diantaranya yaitu SD Al Muslim, SD Hangtuah 10, dan SD Pembangunan Jaya. Ia berharap lebih banyak sekolah mendapatkannya.

“Lah penghargaan itu kalau banyak yang mendapatkan bupatinya itu dapat penghargaan juga. Banyaknya Adiwiyata yang diambil guru dan pendidik. Sidoarjonya, bupatinya menjadi pembina yang terbaik dapat penghargaan juga,” jelasnya.

Senada, Sigit Setyawan Kepala DLHK Sidoarjo mengatakan, program ini adalah program kesekian dari Pemkab Sidoarjo untuk mewujudkan Sidoarjo bersih, sejuk dan nyaman. Selain Green School, ada juga program Sidoarjo Bersih dan Hijau di tingkat desa, dan juga Sidoarjo Green Industry di lingkungan industri.

“Hari ini kita lakukan menggalang sekolah-sekolah untuk lebih peduli lingkungan. Sekolah-sekolah selama ini sudah cukup bagus lingkungannya, tapi perlu ditingkatkan dengan masuk kurikulum. Bukan fisik luarnya saja, tapi juga dalamnya, siswa punya kepedulian untuk lingkungan. Adiwiyata memang belum terlalu banyak. Tapi harapannya dengan program ini, Pemkab Sidoarjo bisa mendorong sekolah-sekolah agar lebih banyak yang dapat,” katanya. (bas/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs