Minggu, 5 Mei 2024

Gempa Magnitudo 7,4 di Maluku Utara Dimutakhirkan Jadi 7,1

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Capture bmkg.go.id

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan gempa Jailolo, Provinsi Maluku Utara yang sebelumnya magnitudo 7,4 menjadi 7,1.

Gempa yang terjadi pukul 23:17:43 WIB tersebut terjadi di lokasi 1.67 LU, 126.39 BT atau kira-kira 137 kilometer Barat Laut Jailolo-Maluku Utara pada kedalaman 73 kilometer.

Gempa tersebut dirasakan IV-V MMI di Kota Bitung, Kota Manado dan Ternate, II MMI di Buol, Sulawesi Tengah.

“Status ancaman tsunami untuk wilayah Sulawesi Utara adalah waspada,” kata Edward H Mengko Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Sulawesi Utara sepeti dilansir Antara pada Jumat (15/11/2019).

Untuk status waspada, diperkirakan ketinggian air maksimum 0,5 meter, sementara status peringatan dini tsunami belum berakhir. Sebelumnya, BMKG mencatat terjadinya gempa gempa tektonik magnitudo 7,4 pada kedalaman 10 kilometer di wilayah 134 kilometer barat laut Jailolo, Maluku Utara pukul 23:17:41 WIB.

Gempa ini dirasakan juga oleh Warga Sulawesi Utara (Sulut). Mereka berhamburan keluar rumah akibat gempa yang mengguncang daerah tersebut, Jumat (15/11/2019) dini hari. Warga ketakutan karena guncangan gempa sangat kuat.

“Kami ketakutan, padahal semua anggota keluarga sudah tertidur, tapi harus bangun keluar rumah, karena semua barang di dalam rumah mulai bergoyang,” kata Albert W Warga Minahasa Utara, Sulut.

Hal senada juga dikatakan Usi warga Maumbi Minahasa Utara yang mengaku sangat ketakutan karena gempa kali ini sangat kuat. “Saya berharap tidak ada gempa susulan,” katanya. (ant/bas/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs