Selasa, 21 Mei 2024

H-5 Lebaran, Terminal Purabaya Masih Landai

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Lorong menuju jalur pemberangkatan bus di Terminal Purabaya, masih normal. Foto: Totok suarasurabaya.net

Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Jumat (31/5/2019) atau H-5 Lebaran belum terlihat terjadinya lonjakan jumlah calon penumpang atau pemudik. Masih normal seperti hari-hari biasa. Tidak terlihat penumpukan penumpang.

“Dari catatan kami sampai dengan pukul 10.00 hari ini, tercatat sekitar 12.000 penumpang melintas di Terminal Purabaya. Jumlah itu masih belum signifikan dengan lonjakan jumlah calon penumpang yang biasa terjadi menjelang Lebaran. Dengan kata lain kondisi terminal masih normal,” terang Imam Hidayat Kepala Sub Unit (Kasubnit) Terminal Purabaya.

Secara rinci Imam menjelaskan, untuk keberangkatan armada bus pada Jumat (31/5/2019) berdasarkan catatan sampai dengan pukul 10.00, tercatat 380 armada bus yang keluar Terminal Purabaya, dengan tujuan kota terbanyak adalah Solo dan Yogyakarta.

“Untuk tujuan Solo dan Yogjakarta Jumat (31/5/2019) ini petugas kami mencatat sekurangnya ada 754 penumpang menggunakan bus non ekonomi. Sedangkan penumpang bus ekonomi dengan tujuan yang sama, yaitu Solo dan Yogjakarta, tercatat 1.868 penumpang. Ini masih normal kok,” papar Imam.

Sedangkan untuk kedatangan bus dari luar kota menuju Terminal Purabaya, pada Jumat (31/5/2019) tercatat sekitar 338 armada bus masuk sampai dengan pukul 10.00. “Jumlah penumpangnya 7.064 orang,” kata Imam.

Sementara itu, sejak dilaksanakannya Angkutan Lebaran 2019 lalu, Imam mencatat belum menerima laporan terjadinya tindak kriminal atau kasus kriminal yang dialami calon penumpang di lingkungan Terminal Purabaya, Bungurasih saat akan menuju luar kota Surabaya.

“Alhamdulillah kami belum menerima adanya tindak kriminal yang dialami calon penumpang atau masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran. Semoga sampai selesaainya Angkutan Lebaran, termausk nanti saat arus balik tidak ada tindak kriminal di Terminal Purabaya, karena kami juga sudah menyiagakan aparat keamanan dan berkoordinasi dengan Polisi dan TNI,” pungkas Imam Hidayat.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
29o
Kurs