Kamis, 2 Mei 2024

HUT Polwan ke 71 Ingatkan Khofifah Sosok Jeanne Mandagi

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menghadiri Istighosah Kubro di Mapolda Jatim, Minggu (1/9/2019). Acara tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun Polwan ke 71. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menghadiri Istighosah Kubro di Mapolda Jatim, Minggu (1/9/2019). Selain memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, acara tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun Polwan ke 71.

Dalam kesempatan itu, Khofifah bercerita ada sosok polisi wanita yang sangat ia kagumi. Dia adalah Almarhumah Brigjen (Purn) Jeanne Mandagi. Jenderal pertama perempuan ini meninggal dunia di usia 80 tahun, pada 2017 silam.

“Ibu Mandagi yang tidak terlupakan. Saya masih bertemu di hari-hari terakhir, sebelum beliau meninggalkan kita semua,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, Jeanne Mandagi adalah perempuan yang hebat dan perintis dalam pemberantasan narkotika. Setelah pensiun dari jabatannya, dia juga masih mengabdikan dirinya untuk masyarakat.

Salah satunya, mendirikan Yayasan Permadi Siwi pusat rehabilitasi pecandu narkotika. “Sudah pensiun beliau masih mendedikasikan dirinya menyiapkan semacam Panti untuk korban penyalahgunaan narkoba,” kata dia.

Dia berharap, kisah Jeanne Mandagi ini bisa menjadi inspirasi bagi semua polisi wanita. Terutama menjadi inisiator di lini terdepan sebagai promotor. “Menjadi Polwan yang Profesional, Modern, dan Terpercaya,” kata dia.(ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs