Kamis, 2 Mei 2024

Harga Beras Diperkirakan Terus Turun Masuk Musim Panen

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, melayani pembeli, Sabtu (2/3/2019). Foto: Antara

Sejumlah pedagang di Bojonegoro, Jawa Timur, memperkirakan harga berbagai macam jenis beras akan terus turun, karena panen tanaman padi berlangsung di sejumlah lokasi di daerah setempat termasuk di Tuban, sejak dua pekan terakhir.

“Harga berbagai macam jenis akan semakin turun. Paling tidak pertengahan Maret mulai panen raya tanaman padi tidak hanya lokal, tapi juga Tuban dan luar daerah,” kata seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro Kharis, di Bojonegoro, Sabtu (2/3/32019).

Perkiraan harga beras akan terus turun dibenarkan pedagang beras lainnya Sakip, juga Ny. Indah, yang memperkirakan penurunan harga beras panen tanaman padi baru bisa lebih dari Rp500/kilogram.

“Harga beras panenan tanaman padi sekarang turun Rp400 per kilogram, dibandingkan sepekan lalu,” kata seorang pedagang beras lainnya Ny. Anna menambahkan.

Ia menyebutkan harga beras panenan tanaman padi baru sekarang mencapai Rp8.400/kilogram, yang sebelumnya sempat mencapai Rp8.800/kilogram.

Oleh karena panen mulai berlangsung, ia mengaku bisa memperoleh beras panenan tanaman padi baru di sejumlah lokasi di daerah setempat termasuk Tuban, bisa mencapai 20 ton per hari.

Menurut Sakip, panen tanaman padi sekarang berlangsung di sejumlah desa di Kecamatan Dander, juga tanaman padi di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo di Kecamatan Kanor dan Baurno, selain di sejumlah lokasi di Tuban,

“Panen tanaman padi baru juga mempengaruhi harga beras paket ikut turun yang sekarang rata-rata penurunannya sekitar Rp200 per kilogram,” ucap Ny. Indah dibenarkan Sakip.

Data di Pasar Kota dan Pasar Banjarjo di Kecamatan Kota, menyebutkan harga beras paket merek Terate Rp11.500/kilogram, Rojo Lele Rp11.500/kilogram, Bekisar RFp10.500/kilogram, Jambal Rp10.400/kilogram dan beras Jawa Rp25.000/kilogram.

“Tapi kalau harga beras jenis Jawa justru naik, sebab stok beras Jawa terbatas dan sekarang jumlahnya tidak banyak,” ucap Ny. Indah.

Mengenai harga komoditas lainya, menurut seorang pedagang pracangan di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Ny. Endang, tidak ada gejolak kenaikan harga.

Harga gula Rp11.000/kilogram, telur Rp21.000/kilogram, minyak curah Rp9.500/kilogram, kjacang tanah Rp21.000/kilogram, bawang putih Rp18.000/kilogram dan bawang merah Rp10.000/kilogram.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Bojonegoro Agus Hariyana menambahkan harga komoditas di daerahnya terutama beras tidak ada yang mengalami gejolak kenaikan harga.

“Pemantauan harga komoditas tetap kita lakukan secara rutin, apalagi menjelang pemilu,” ucapnya.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs