Senin, 6 Mei 2024

Hari Ini, Anggota Parlemen Periode 2019-2024 Ucapkan Sumpah Jabatan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi rapat paripurna DPR

Sebanyak 575 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih dari proses Pemilu Legislatif 2019, Selasa (1/10/2019), akan mengucapkan sumpah janji jabatan.

Rencananya, rangkaian acara pengucapan sumpah jabatan anggota parlemen periode 2019-2024 dimulai pukul 09.15 WIB, di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Prosesi dimulai dengan pengumuman Pimpinan Sementara DPR, DPD dan MPR RI oleh Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan tata tertib sidang awal masa jabatan, Pimpinan Sementara DPR, DPD dan MPR adalah anggota terpilih yang paling tua dan paling muda usianya.

Hillary Brigitta Lasut politisi Partai Nasdem tercatat sebagai anggota DPR RI termuda. Di usia yang baru 23 tahun, dia berhasil mendapat kursi DPR RI berkat 70.345 suara dari daerah pemilihan Sulawesi Utara.

Sedangkan Abdul Wahab Dalimunthe merupakan anggota DPR RI tertua. Politisi Partai Demokrat itu kembali melenggang ke Senayan, berbekal 35.574 suara dari masyarakat daerah pemilihan Sumatera Utara I.

Sementara itu, anggota DPD RI paling tua usianya adalah Sabam Sirait. Pria berusia 82 tahun itu terpilih dari sebagai senator daerah pemilihan DKI Jakarta. Lalu, anggota DPD RI termuda tercatat atas nama Jialyka Maharani (22 tahun) yang mewakili Sumatera Selatan.

Pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI periode lima tahun ke depan, dipandu Ketua Mahkamah Agung mulai pukul 10.17 WIB.

Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2014-2019 kepada Pimpijan Sementara DPR, dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Sesudah Sidang Paripurna DPR RI ditutup, acara berikutnya adalah pengucapan sumpah/janji anggota DPD RI, yang juga dipandu Ketua Mahkamah Agung, dan penyerahan Memori DPD oleh Pimpinan DPD periode 2014-2019 kepada Pimpinan Sementara DPD, lalu disambung dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Rangkaian acara terakhir adalah pembacaan sumpah/janji anggota MPR RI, penandatanganan berita acara, dan penyerahan Memori MPR oleh Pimpinan MPR periode 2014-2019 kepada Pimpinan Sementara MPR, kemudian penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Seluruh prosesi pengucapan sumpah/ janji anggota DPR, DPD, dan MPR RI periode 2019-2024, dijadwalkan selesai pukul 11.40 WIB. (rid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs