Jumat, 3 Mei 2024

Hari Ini, Jokowi Presiden Akan Meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Jumat (8/3/2019), punya serangkaian agenda kegiatan dalam kunjungan kerja, di daerah Provinsi Lampung.

Antara lain, meresmikan terminal baru di Bandara Internasional Radin Inten II.

Terminal baru itu menambah kapasitas Bandara Internasional Lampung jadi tiga kali lebih besar.

Kalau sebelumnya luas terminal Bandara Radin Inten II sekitar 3.709 meter, dengan adanya terminal baru, luasnya menjadi 9.434 meter.

Agenda utama Presiden hari ini adalah meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Rencananya, Presiden melakukan peresmian ruas jalan tol sepanjang 104,9 kilometer itu, secara simbolis di Gerbang Tol Natar, Desa Tanjungsari, Lampung, sekitar pukul 08.00 WIB.

Sekadar diketahui, ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan titik awal Jalan Tol Trans Sumatera, yang nantinya akan terhubung dengan ruas Tol Indralaya, Palembang.

Pemerintah menunjuk PT Hutama Karya sebagai pelaksana pembangunan jalan bebas hambatan di Sumatera yang mulai digarap tahun 2015.

Sedangkan untuk pembangunan fisik jalan, dikerjakan oleh empat perusahaan BUMN, yaitu Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya, PT Adi Karya dan PT Wijaya Karya.

Jalan tol sepanjang 2.765 kilometer yang nantinya menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan, targetnya rampung tahun 2024.

Salah satu proyek strategis nasional dengan nilai investasi sekitar Rp476 triliun itu, dibangun untuk menurunkan biaya logistik nasional, serta menjadi jalan alternatif Jalan Lintas Timur Sumatera.

Sesudah meresmikan ruas Jalan Tol Trans Sumatera, Jokowi beserta rombongan akan ke Masjid Agung Bandar Lampung (Masjid Al-Furqon) untuk melaksanakan Salat Jumat, dan dilanjutkan dengan agenda pemberian sertifikat wakaf. (rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs