Jumat, 26 April 2024

Hari Ini, Pansel Capim KPK Setor 10 Nama Calon Komisioner kepada Presiden

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel Capim KPK) saat menggelar konferensi pers di kantor Presiden. Foto: Farid suarasurabaya.net

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK), sudah merampungkan serangkaian proses seleksi calon Komisoner KPK periode 2019-2023.

Dari total 376 orang pendaftar, cuma 20 orang yang lolos uji kompetensi, tes psikologi, penilaian personal (profile assessment), tes kesehatan, sampai tahapan uji publik.

Yenti Garnasih Ketua Pansel Capim KPK mengatakan, pagi hari ini pihaknya akan menggelar rapat pengambilan keputusan, untuk memilih 10 nama calon.

Rencananya, nanti sore Pansel akan menyerahkan langsung 10 nama yang mendapat penilaian terbaik, kepada Joko Widodo Presiden, di Istana Merdeka, Jakarta.

“Pagi ini Pansel akan rapat dulu, untuk mengambil keputusan 10 nama calon pimpinan KPK, sebelum nanti sore kami serahkan kepada Presiden,” ujarnya melalui pesan singkat, Senin (2/9/2019).

Pansel, kata Yenti, tidak akan mengumumkan 10 nama calon pimpinan KPK yang lolos seleksi, kalau Presiden tidak memberikan instruksi.

Sekadar informasi, sejumlah calon Komisioner KPK periode 2019-2023 antara lain berlatar profesi anggota Polri, TNI, jaksa, advokat, hakim, pegawai dan Komsioner KPK, dosen, karyawan BUMN, dan pegawai negeri sipil.

Beberapa nama yang lolos 20 besar antara lain, Alexander Marwata Komisioner KPK, Sujanarko Pegawai KPK, lrjen Pol Antam Novambar Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Irjen Pol Firli Bahuri Kapolda Sumsel, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto Sespim Lemdiklat Polri, dan Johanis Tanak jaksa.

Nantinya, Presiden akan menyampaikan nama-nama calon Komisoner KPK kepada DPR, untuk ditindaklanjuti dengan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi III DPR. (rid/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs