Rabu, 25 November 2020

Hari Lingkungan Hidup 2019, HCML Tanam Manggrove dan Mangga

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) menanam 15.000 ribu bibit mangrove di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/11/2019). Foto: Istimewa

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia atau World Environment Day (WED) 2019, perusahaan hulu migas Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan hidup, khususnya di sekitar tempat HCML beroperasi.

Salah satunya seperti yang dilakukan HCML di Desa Semare, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Di lokasi pesisir Pasuruan ini, HCML menanam 15.000 ribu bibit mangrove. Kegiatan ini hampir setiap tahunnya dilakukan oleh HCML.

Bahkan, di tahun ini jumlah bibit mangrove yang ditanam oleh HCML mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelum-sebelumnya. Misalnya di tahun 2018 jumlah yang ditanam 12.000 bibit pohon mangrove.

“Kegiatan ini bagian dari bentuk komitmen HCML yang selalu berusaha meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Dan bahkan di tahun ini kami juga menanam pohon mangga gadung,” ujar Tilak Ranjith Kumar Nithiyeswaran General Manager HCML, Sabtu (16/11/2019).

Ia berharap, bibit mangrove dan mangga gadung yang ditanam di salah satu lahan yang ada di desa setempat itu, kelak akan tumbuh dengan baik sehingga bisa dinikmati manfaatnya oleh warga sekitar.

“Nanti kalau saya kembali ke Indonesia, saya pasti akan senang sekali apabila bisa bersama masyarakat Semare menikmati buah mangga yang sudah masak dari pohon yang kita tanam hari ini. Pohon mangga adalah buah favorit saya,” kata dia, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Sementara itu, Sondang Maria Maniop VP Deputi Operasi SKK Migas mengatakan program yang di lakukan ini bagian dari komitmen HCML dan SKK Migas dalam memperhatikan lingkungan, terutama untuk warga dan wilayah operasional HCML.

“Kita harapkan pohonnya tumbuh dengan baik, lebat dan membantu area sini. Seperti HCML yang berusaha terus menjalin relasi dengan baik bersama warga Desa Semare,” tegasnya.

Dalam kegiatan penanaman 15.000 bibit pohon mangrove dan 40 bibit buah mangga gadung ini, juga diikuti oleh perwakilan SKK Migas Jabanusa, menejemen dan karyawan HCML, Muspika dan warga masyarakat Desa Semare.

Yazid Kepala Desa Semare menyampaikan aspirasi dan ucapan terima kasihnya kepada pihak HCML, yang selama ini telah banyak membantu desanya menjadi lebih maju dan peduli terhadap lingkungan.

“Hanya HCML satu-satunya perusahaan gas yang peduli terhadap desa kami. Bahkan, Cafe laut Semare yang saat ini lagi booming di Pasuruan juga berkat didukung oleh HCML. Untuk itu kami sangat apresiasi kepada HCML yang selama ini telah mendukung dan memotivasi desa kami menjadi maju. Juga telah membuat anak muda di desa kami menjadi bangkit serta peduli terhadap lingkungan. Sekali lagi terima kasih HCML,” katanya.

Karena itu, Yazid berharap, perusahaan-perusahaan besar lainnya meniru atau mencontoh HCML, menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat Desa Semare.

“Saya berterimakasih kepada HCML yang sudah berbuat banyak untuk masyarakat Desa Semare,” pungkas Yazid. (ang)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
34o
Kurs