Sabtu, 20 Agustus 2022

Hari Pertama Idulfitri 1440 Hijriah, Presiden Menggelar Open House di Istana Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jenderal (Polisi) Tito Karnavian Kapolri berbaris menunggu giliran masuk Istana Negara Jakarta, untuk bersilaturahim dengan Presiden dan Ibu Negara, Rabu (5/6/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, pagi hari ini, Rabu (5/6/2019), bertepatan dengan hari pertama perayaan Idulfitri 1440 Hijriyah, punya agenda bersilaturahim dengan para pejabat negara dan masyarakat.

Silaturahim yang digelar pejabat negara pada hari raya biasa disebut open house.

Pada open house sesi pertama, Presiden dan Ibu Negara bertemu Wakil Presiden beserta istri, para pimpinan lembaga negara, Menteri Kabinet Kerja, dan para duta besar negara sahabat.

Pantauan suarasurabaya.net di Istana Kepresidenan, dari pukul 09.00 WIB, para menteri, Pimpinan dan Anggota DPR RI, Pimpinan MPR RI, pimpinan lembaga seperti Gubernur Bank Indonesia, Kapolri, Wakapolri, Kepala Bulog dan Kepala BNN, mengantre masuk ke dalam Istana Negara.

Para pejabat negara itu berbaris dengan tertib menunggu giliran masuk ke ruangan, untuk bertemu dengan Presiden dan Ibu Negara.

Berdasarkan jadwal, silaturahim Presiden dengan pejabat negara berlangsung sampai pukul 09.30 WIB.

Tapi, sampai pukul 09.55 WIB, antrean pejabat negara dan duta besar negara-negara sahabat masih panjang, kira-kira ada 100an orang yang belum bersalaman dengan Presiden dan Ibu Negara.

Sesi open house berikutnya, Jokowi beserta Ibu Iriana akan meluangkan waktu bersilaturahim dengan warga masyarakat, di Istana Negara, sampai pukul 11.00 WIB.

Di halaman Istana Kepresidenan, sekitar dua ratusan warga masyarakat yang ingin bertemu Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara, sudah berkumpul di halaman depan Istana Negara Jakarta.

Pihak Istana Kepresidenan menyediakan tenda-tenda dengan kursi dan kipas angin supaya mereka yang mengantre merasa nyaman. Selain itu, juga ada layar monitor untuk memantau kegiatan open house di dalam Istana Negara.

Dan, pukul 10.00 WIB, warga masyarakat mulai dipesilakan mengantre masuk Istana Negara.

Sekadar diketahui, selama menjabat Presiden periode 2014-2019, Jokowi tercatat dua kali menggelar acara open house di Istana Kepresidenan Jakarta.

Open house yang pertama di Istana Jakarta berlangsung pada tahun 2017. Selebihnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu merayakan hari pertama Idulfitri di daerah Aceh, Padang Sumatera Barat, dan Bogor Jawa Barat. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
25o
Kurs