Rabu, 24 April 2024

Hari Terakhir, Muda Luar Biasa di Festival Ekonomi Milenials Ajak Pegiat Permainan Tradisional

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Adit Jufriansyah penyiar Suara Surabaya (kanan) dengan Mustofa Sam Ketua Komunitas Kampung Dolanan (kiri) saat berbincang di Festival Ekonomi Milenials yang digelar Pemprov Jatim di Grand City Convex, Surabaya pada Minggu (15/12/2019) siang. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Muda Luar Biasa program On Air Radio Suara Surabaya kini mengajak pegiat permainan tradisional di Festival Ekonomi Milenials yang digelar Pemprov Jatim di Grand City Convex, Surabaya pada Minggu (15/12/2019) siang.

Di hari terakhir ini, Adit Jufriansyah penyiar Suara Surabaya mengajak Mustofa Sam Ketua Komunitas Kampung Dolanan. Sebelumnya, pada Sabtu (14/12/2019) malam, Muda Luar Biasa mengajak dua talenta di bidang ekonomi kreatif.

Cak Mus panggilan akrab Mustofa mengatakan, komunitas kampung dolanan sudah berdiri sejak Desember 2016. Komunitas ini berfokus untuk memperkenalkan dan mendata berbagai permainan tradisional di Indonesia.

Di depan para penonton, Cak Mus memperkenalkan salah satu permainan tradisional bernama Tekotek. “Namanya ini beragam, ada yang menyebutnya tekokek, noknok, atau etek-etek,” katanya.

Menurutnya, permainan tradisional memiliki banyak manfaat. Salah satunya, mengajarkan persoalan etika dengan cara yang menyenangkan.

“Etika di dakon (misalnya, red), mengajari kita untuk bersedekah. Membiasakan tangan diatas daripada si bawah. Di Indonesia lubangnya ada 7. Senin sampai minggu. Menabung setiap hari,” jelasnya.

Sebagai informasi, Muda Luar Biasa adalah salah satu program yang sudah mengudara di Radio Suara Surabaya sekitar 8-9 tahun lalu. Dulu, nama program ini adalah Muda Tapi Luar Biasa. Kini, berganti nama menjadi Muda Luar Biasa setiap Rabu Malam. (bas/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs