Kamis, 25 April 2024

Hijaukan Pelabuhan, Milenial Pelindo III Tanam Tabebuya di Tanjung Perak

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Direksi dan para karyawan Pelindo III saat membuat lubang-lubang resapan biopori di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, termasuk di Bundaran Jangkar Surabaya, Jumat (1/2/2019). Foto: Humas Pelindo III

Dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019, direksi dan para pegawai milenial Pelindo III melakukan aksi peduli lingkungan. Hal ini dilakukan dengan membuat lubang-lubang resapan biopori dan menanam ratusan pohon untuk menghijaukan kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, termasuk di Bundaran Jangkar Surabaya, Jumat (1/2/2019).

Doso Agung Direktur Utama Pelindo III mengatakan, aksi lingkungan tersebut juga dilaksanakan serentak di 17 pelabuhan yang dikelola Pelindo III di 7 provinsi.

“Ada ratusan pegawai milenial yang dilibatkan pada kegiatan-kegiatan peduli lingkungan di Pelindo III. Karena generasi muda maritim ini dipersiapkan untuk menjadi pengelola pelabuhan modern di masa depan yang memperhatikan aspek lingkungan,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (31/1/2019).

Pembuatan lubang-lubang resapan biopori ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air hujan.

“Untuk tanaman hias yang dipilih untuk ditanam ialah jenis tabebuya (Tabebuia chrysotricha) yang sempat viral karena menghiasi Kota Surabaya dengan bunga yang mirip bunga sakura khas Jepang,” tambahnya.

Bridiatama Damaianto, salah satu pegawai milenial Pelindo III yang mengikuti kegiatan tersebut, mengaku senang turut dilibatkan. Ia membenarkan bahwa pelibatan pegawai milenial dapat meningkatkan pemahaman mereka pada prinsip K3.

“Penghijauan sangat penting untuk kawasan pelabuhan. Karena selain bertujuan untuk membuat pelabuhan menjadi lebih sejuk dengan pepohonan yang rindang. Lingkungan yang lestari dan terkelola baik, tidak banjir, tentunya akan mendukung proses bisnis pelabuhan sehingga selalu produktif mendukung kelancaran arus logistik,” katanya. (wil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs