Senin, 29 April 2024

Hujan Deras, Tapi Kabar Banjir di Lawang dan Purwodadi Itu Hoax

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Polisi menunjuk sungai yang dikabarkan meluap dan mengakibatkan banjir, Senin (7/1/2019). Padahal tidak ada luapan air sungai tersebut. Foto: Aipda Harid via WhatsApp Suara Surabaya

Hujan deras yang turun di wilayah Jawa Timur pada Senin (7/1/2019) sore, juga mengundang sejumlah pihak untuk menyebarkan hoax.

Beredar foto dan video di grup-grup WhatsApp yang menampilkan banjir di Lawang dan Purwodadi.

Aipda Harid Kurniawan Anggota Rekayasa Lalu Lintas Polres Pasuruan memastikan informasi tersebut hoax. Polisi telah melakukan pengecekan ke sungai-sungai untuk memastikan kabar tersebut.

“Yang ada airnya itu sungaaai,” tulis Aipda Harid melalui pesan teks ke WhatsApp Suara Surabaya.

Sementara, akun Facebook Desa Wisata Kertosari juga mengklarifikasi kabar banjir akibat luapan Kali Surak yang berada di KM 63 Surabaya-Malang, tepatnya di depan wilayah desa tersebut.

Berita tersebut adalah HOAX tidak benar. Bahwa Vidio yang beredar tersebut di ambil pada kejadian 2 tahun yang lalu.. pihak berwajib dari kepolisian dan pemerintah telah meninjau lokasi dan tidak ditemukan indikasi terjadinya banjir.. demikian informasi ini kami berikan dengan yang sebenarnya. Salam basmi berita HOAX.“(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs