Jumat, 26 April 2024

Imlek, Klenteng Siapkan Persembahyangan dan Bakti Sosial

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Beras dibersihkan dipersiapkan untuk bakti sosial menjelang Imlek di Klenteng Cokro. Foto: Totok suarasurabaya.net

TITD Hong San Ko Tee di Jl. HOS Cokroaminoto, sedang mempersiapkan persembahyangan sekaligus juga mempersiapkan bakti sosial, Senin (21/1/2019) menjelang Imlek 2570.

“Bakti sosial itu biasanya memang membagikan sembako buat warga masyarakat sekitar klenteng yang membutuhkan. Beras, Gula seperti itu. Ini berasnya sudah disiapkan,” terang Yanto satu diantara pekerja klenteng.

Puluhan sak beras, Senin (21/1/2019) dibersihkan untuk dipersiapkan sebagai bagian dari paket sembako yang akan dibagikan sebagai sebuah gerakan bakti sosial yang dilaksanakan umat Klenteng Hong San Ko Tee jelang Imlek.

Sementara itu, untuk persembahyangan Imlek 2570 yang jatuh pada 5 Pebruari 2019, persiapan juga dilakukan di klenteng dikawasanJl. HOS Cokroaminoto tersebut. Mulai dari persiapan klenteng sampai dengan persiapan perlengkapan persembahyangan.

Beberapa pekerja mempersiapkan Kimchua, sebagai perlengkapan sembahyang umat yang biasanya datang ke klenteng untuk bersembahyang Imlek atau malam menjelang pergantian tahun Imlek.

“Soalnya memang ada sembahyang-sembahyang lainnya sebelum malam pergantian tahun atau malam Imlek sampai pagi harinya. Kimchua ini juga paling banyak dipakai untuk sembahyang umat. Harus dipersiapkan sekarang,” tambah Yanto.

Meskipun masih sekitar dua pekan lagi, Senin (21/1/2019) terlihat umat mulai berdatangan untuk memanjatkan doa di pelataran klenteng Hong San Ko Tee. “Sembahyang harian saja,” ujar Lina warga Darmo Permai, Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs