Rabu, 6 Juli 2022

Indahsi Tingkatkan Keimanan di Ramadhan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Belajar fotografi bagian dari kegiatan Indasi gelaran Stikom Surabaya mengisi bulan suci Ramadhan. Foto: Humas Stikom Surabaya

Meningkatkan keimanan di bulan Ramadhan, organisasi mahasiswa (Ormawa) Stikom Surabaya, Sabtu (25/5/2019) gelar sejumlah kegiatan sosial bersama panti asuhan dan anak jalanan dengan tema, Indahnya Berimajinasi (Indahsi).

Kegiatan yang diharapkan juga akan mempererat tali silaturahmi diantara sesama mahasiswa dari berbagai kelompok organisasi di Stikom Surabaya ini, diikuti Himpunan Mahasiswa (Hima) Administrasi Perkantoran, Hima Manajemen, Stikom Java Network (SJN) serta Persma Stikom.

Sejumlah kegiatan sosial, satu diantaranya adalah memberikan pelajaran fotografi bagi sejumlah anak-anak panti asuhan dan anak-anak jalanan di beberapa tempat seperti di panti asuhan Hidayatus Shibyan, Jangkungan Surabaya.

Materi fotografi pada pembelajaran ini, diantaranya adalah memperkenalkan kepada anak-anak di zaman sekarang tentang sebuah profesi. Karena cita-cita tidka selalu harus menjadi dokter, tentara atau guru yang terbilang kuno.

Peserta diperkenalkan dengan profesi-profesi lain, yang bisa saja berangkat dari kegemaran atau kesukaan. Seperti mislanya desainer, programmer, jurnalis serta fotografer yang tidak kalah menarik dan menyenangkan dibanding profesi lainnya.

Anak-anak langsung diperkenalkan dengan kamera, dan bagaimana mengoperasionalkannya. Anak-anak diajak langsung praktek memotret dengan kamera yang disediakan untuk mengabadikan berbagai obyek.

Setiap anak diperkanankan memotret apa saja yang menjadi keinginan mereka dengan obyek yang ada disekitar lingkungan tempat workshop, dengan didampingi beberapa mahasiswa untuk memberikan arahan-arahan.

Dijadwalkan pelatihan juga dilaksanakan di Rumah Belajar Pandawa di Wonokromo, dengan materi Mural. Seni menggambar tembok itu disampaikan juga dengan langsung praktek menggambar pada bidnag triplek yang disediakan, dengan tema: Tak Ada Kata Antara Aku dan Dia.

Kegiatan sosial yang dijadwalkan digelar selama 2 hari hingga Minggu (26/5/2019) tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi anak-anak sekaligus juga memberikan pengalaman baru bagi para mahasiswa guna mengisi bulan suci Ramadhan.

Khafid Ketua Pelaksana Indahsi, menyampaikan bahwa karya-karya para peserta workshop ini, seperti karya foto maupun karya mural dijadwalkan bakal dipamerkan untuk dapat disaksikan oleh masyarakat luas.

“Kami berharap agar karya anak-anak panti asuhan dan anak-anak jalanan ini juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Ini juga akan memberikan support bagi anak-anak sendiri bahwa karya mereka disaksikan masyarakat. Ini penting membangkitkan rasa percaya diri anak-anak,” terang Khafid.

Sementara itu, kegiatan sosial bertajuk Indahsi gelaran mahasiswa Stikom Surabaya ini merupakan agenda kegiatan rutin yang digelar saat memasuki bulan suci Ramadhan.(tok)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs