Kamis, 2 Mei 2024

IndonesiaNEXT Dorong Ekosistem Digital Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kuliah umum IndonesiaNEXT di SMKN 1 Surabaya gelaran Telkomsel. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pelaksanaan IndonesiaNEXT di tahun ke empat, yang digelar Telkomsel disejumlah tempat memiliki tujuan untuk komitmen dan fokus mendorong tumbuh berkembangnya ekosistem digital di Indonesia.

Jumat (29/11/2019) pelaksanaan IndonesiaNEXT di Kota Surabaya dilaksanakan di SMKN 1 Surabaya dihadiri ratusan siswa dari berbagai kelas dan jurusan. Telkomsel tahun 2019 ini bertepatan tahun ke empat menggelar kegiatan di delapan lokasi seluruh Indonesia.

Eko Atmaja General Manager Mass Market Segment Sales Area Jawa Bali Telkomsel menyampaikan bahwa IndonesiaNEXT memang fokus meningkatkan kemampuan teknologi digital yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

“Upaya kami untuk terus menerus mengakselerasikan pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia adalah komitmen kami agar mampu bersaing ke tingkat internasional. Dan upaya ini selaras dengan visi pemerintah menjadikan pengembangan SDM sebagai prioritas dalam pembangunan,” terang Eko Atmaja.

IndonesiaNEXT 2019, lanjut Eko adalah satu diantara bagian dari program CSR pada bidang pendidikan dengan sertifikasi berskala internasional. Tujuan utamanya adalah meningkatkan daya saing skill digital talent di era global.

Selain digelar di Kota Surabaya, IndonesiaNEXT 2019 juga digela rdi beberapa kota lain di Indonesia. Di antaranya di Bandung, Jogyakarta serta beberapa kota lainnya yang ada di luar pulau Jawa.

“IndonesiaNEXT 2019 digelar di Kota-kota besar di Jawa seperti Surabaya, Bandung, Jogyakarta, Sumedang, juga beberapa kota besar lainnya di luar pulau Jawa seperti di Samarinda, Banjarmasin,” tambah Eko.

IndonesiaNEXT 2019 digelar di kota-kota yang memang belum pernah dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan sebelumnya, sebagai bagian terbukanya kesempatan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk mengasah keterampilan.

Program yang telah digelar sejak 2016 tersebut diharapkan membantu mengakselerasikan negeri melalui peningkatan SDM secara menyeluruh dan merata di Indonesia. “Pada kota-kota penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2019 dibuka kuliah umum betema Digital Leadership,” kata Eko.

Di SMKN 1 Surabaya pelaksanaan kuliah umum diisi dengan materi How To Make Creative Content OMG Session, dengan menghadirkan Dhanar Jabro Febiansah Local Content Creator.

Ditambahkan Eko sejak pelaksanaan IndonesiaNEXT tahun 2016 lalu tercatat sekurangnya 40.000 peserta telah mengikuti program ini.

Mereka yang menjadi pememang diberangkatkan ke Jepang hingga Amerika Serikat untuk mengikuti short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di luar negeri. Sementara itu, tercatat lebih dari 4.800 peserta mendapatkan sertifikasi keahlian.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs