Jumat, 29 Maret 2024

Ini Alasan Tertundanya Pelantikan Letjen Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Moeldoko Kepala Staf Presiden memberikan keterangan di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/1/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net

Moeldoko Kepala Staf Presiden mengungkapkan, pelantikan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres).

Dalam revisi Nomor 8 tahun 2018 tentang BNPB, kemungkinan BNPB tidak langsung berkoordinasi dengan Presiden, tapi melalui Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Dengan begitu, BNPB bisa dipimpin Prajurit TNI aktif. Karena, berdasarkan Pasal 47 ayat (2) UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, BPNB tidak termasuk lembaga nonkementerian yang boleh dipimpin TNI aktif.

Prajurit TNI aktif cuma boleh menduduki jabatan pada kantor yang membidangi Koordinator bidang Politik dan Keamanan Negara, Pertahanan Negara, Sekretaris Militer Presiden, Intelijen Negara, Sandi Negara, Lembaga Ketahanan Nasional, Dewan Pertahanan Nasional, Search and Rescue (SAR) Nasional, Narkotik Nasional, dan Mahkamah Agung.

“Sekarang masih proses revisi Perpres. Kemungkinan dalam waktu dekat selesai, dan Presiden akan melantik Kepala BNPB,” ujarnya di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Alasan lainnya kenapa perlu revisi Perpres, kata Moeldoko, koordinasi penanganan darurat bencana akan lebih mudah kalau BNPB dipimpin Prajurit TNI yang masih aktif.

Nantinya, dalam tahapan tanggap darurat, BNPB berada di bawah komando Kemenko Polhukam. Sedangkan dalam proses rehabilitasi kawasan bencana, BNPB di bawah koordinasi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara sudah menyebarkan undangan acara pelantikan Kepala BNPB, yang akan dilaksanakan hari Rabu (2/1/2019) pagi, di Istana Negara Jakarta.

Tapi, agenda pelantikan itu tertunda karena Joko Widodo Presiden mendadak melakukan kunjungan kerja ke daerah Lampung yang terkena dampak tsunami.

Kabar yang beredar, Kepala BNPB yang baru adalah Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. Dia pernah menjabat Komandan Paspampres, dan mulai Maret 2018 menjabat Sesjen Wantannas.

Rencananya, Letjen TNI Doni Monardo akan menggantikan Laksamana Muda TNI (Purn.) Willem Rampangilei yang menjadi Kepala BNPB per tanggal 7 September 2015. (rid/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs