Jumat, 3 Mei 2024

Interior Design for Creative Community Ajak Praktek Design Interior

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Graciela dan Adi mahasiswa Design Interior mempresentasikan karyanya kepada dosen. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mengajak mahasiswa program studi (prodi) Design Interior praktek langsung melayani klien, Rabu (19/6/2019) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya gelar pameran karya mahasiswa bertajuk: Interior Design for Creative Community.

Dr. Laksmi Kusuma Wardani S.Sn., M.Ds., kepala prodi Design Interior (DI) UK Petra menyampaikan bahwa kegiatan pameran kali ini tidak hanya menampilkan karya para mahasiswa tetapi sekaligus menghadirkan 11 komunitas yang ada di Kota Surabaya.

“Pameran kali ini mengundang dan menghadirkan 11 komunitas yang ada di Kota Surabaya. Untuk para mahasiswa, secara khusus diminta mendesain ruang bagi para komunitas yang terdiri dari beberapa kelompok atau komunitas diantaranya seni, pariwisata, religi, sejarah, ilmu pengetahuan hingga budaya,” terang Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds., kepala prodi DI UK Petra Surabaya.

Pameran ini, lanjut Laksmi merupakan bagian dari mata kuliah Design Interior Styling 4 yang ingin menciptakan sebuah kenyamanan untuk menunjang ruang fasilitas bagi para komunitas.

Tidak hanya pameran, bebeberapa kegiatan lain juga ditampilkan, seperti workshop dan talkshow. Sekurangnya ada 99 karya mahasiswa yang berupa perancangan atas ruang budaya bagi komunitas dipamerkan.

“Para mahasiswa seperti langsung bertemu klien untuk diminta membuat rancangan dan mewujudkan rancangan tersebut. Jadi mahasiswa ini terjun langsung ke lapangan sebelum merancang ruang bagi komunitas. Mereka ikut juga dalam kegiatan para komunitas agar rancangan mereka sesuai dengan kebutuhan,” kata Laksmi.

Perancangan ruang budaya ini menerapkan metode human centre design dan service learning. Hasil akhir yang berupa rancangan desain interior merupakan akumulasi dari berbagai kemampuan analisis, sintesis hingga mewujudkan ide terbaik yang konseptual dan filosofis.

“Pada pameran ini, sebelumnya mahasiswa memang diminta untuk ikut serta merasakan kebutuhan para klien dalam rangka untuk pengembangan bangunan atau ruang yang dimiliki klien. Jadi ada semacam pertemuan, diskusi dan pengembangan ide sebelum akhirnya para mahasiswa membuat rancangan,” tegas Laksmi.

Sementara itu, pameran kali ini yang menghadirkan 11 komunitas diantaranya My Sisters Fingers, Doodle Art, Waste Recycling Project, Roode Brug Soerabaia, Perkantas, GPPS Jemaat Bethlehem, Surabaya Tempo Dulu, Prajanara, Hwie Tiauw Ka, Ion Scuba Diving dan Rumah Pintar Juanda Cendekia Surabaya.

Pameran Interior Design for Creative Community karya mahasiswa Design Interior UK Petra Surabaya digelar Rabu (19/6/2019) sampai dengan Jumat (21/6/2019) di selasar Gedung P lantai 1 kampus UK Petra Jl. Siwalankerto, Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs