Jumat, 3 Mei 2024

Japaniversal, Hadirkan Suasana Jepang di Untag Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan Bunkasai di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Foto Humas Universitas Diannuswantoro Semarang

Program studi Sastra Jepang fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Minggu (28/4/2019) dijadwalkan menggelar Japaniversal di lapangan parkir timur kampus Untag, bakal menghadirkan sejumlah kegiatan bernuansa Jepang.

Acara yang diharapkan menambah pengetahuan, khususnya pengetahuan praktis tentang Jepang ini melibatkan para mahasiswa Sastra Jepang mulai dari semester 2 dan semester 4 termasuk sejumlah dosen Sastra Jepang.

Acara yang dinamai Bunkasai, merupakan sebuah acara kebudayaan Jepang yang digelar dan ditampilkan di luar negeri dan biasanya diadakan oleh instansi pendidikan dengan menirukan persis budaya Jepang. Dan di Jepang sendiri, kegiatan seperti ini dinamai Matsuri, yang biasanya digelar saat musim panas.

Digelar 2 kegiatan besar, masing-masing Lomba Akademik dan Lomba Non Akademik. Untuk Lomba Akademik digelar Olimpiade Jepang yang diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat.
Untuk Lomba Non Akademik, di antaranya adalah lomba Cosplay, Karaoke, dan Dance Cover.

Bunkasai kali ini ditampilkan pesta rakyat khas Jepang dengan panggung hiburan serta penampilan sejumlah stand bazaar yang menjual makanan dan minuman khas Jepang juga ditampilkan beberapa permainan Jepang.

Seperti di negara aslinya, Jepang, kegiatan Bunkasai mewajibkan semua yang dijual harus serba murah. Sekurangnya ada 16 stand makanan dan minuman, 3 stand dari panitia, 6 stand dari sponsor serta 10 stand dari komunitas.

Masaki Tani Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Republik Indonesia di Kota Surabaya dijadwalkan hadir dan didaulat untuk menjadi dewan juri pada beberapa lomba yang digelar di lapangan Bunkasai Untag tersebut.

Beberapa penampil yang akan hadir pada Bunkasai Minggu (28/4/2019) diantaranya: Miyu dari kelompok cosplayer, beserta sejumah kelompok band seperti, Kiseki, Spookyspeaker, Notice Me Senpai.

Dan kegiatan yang sudah tercatat akan tampil adalah: Sukubun Kontesuto, Olimpiade, Kanji Taikai, Kakitori, Shadou, Cerdas Cermat, Cosplay, Coswalk, J Song, Yu Gi Oh, Dance Cover, serta Deschar.

Andik Eka Pratama humas Untag Surabaya mengingatkan pecinta cosplay, maupun tradisi Jepang di Surabaya untuk hadir di lapangan parkir Untag Surabaya. “Minggu (28/4/2019) kami mengundnag segenap mahasiswa dan masyarakat pecinta tradisi Jepang untuk hadir di Bunkasai Untag,” tegas Andik, Sabtu (27/4/2019).(tok/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs