Sabtu, 20 April 2024

Jelang Pelantikan Presiden, Puluhan Mobil Mewah Disiapkan untuk Antar Jemput Tamu Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sebanyak 18 mobil Mercedes Benz keluaran terbaru, terparkir di halaman Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/10/2019). Mobil mewah itu disiapkan untuk kendaraan operasional para tamu negara yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sebanyak 18 mobil sedan Mercedes Benz warna hitam, Kamis (17/10/2019) siang, terparkir di halaman sisi utara Istana Kepresidenan Jakarta.

Mobil-mobil mewah pabrikan Jerman itu disiapkan khusus untuk keperluan antar jemput tamu negara yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Minggu (20/10/2019).

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, belasan mobil Mercy itu sudah dipasang plat nama-nama negara seperti Amerika Serikat, Australia, Brunei, China, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Suriname.

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Kepresidenan mengatakan, pihaknya sudah menyewa 22 mobil Mercedez Benz keluaran tahun 2019, seri S450 dan E300.

Mercy seri S450 disiapkan untuk kepala negara sahabat, sedangkan seri E300 untuk mengangkut utusan/perwakilan negara sahabat.

“Tentunya semua yang kami siapkan adalah kendaraan baru. Jadi ada S450 untuk kepala negara, dan selevel atau utusan itu adalah E300. Karena waktu yang singkat, kami menyewa dengan persyaratan kami minta yang memang benar-benar baru dari pabrik,” ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta.

Menurut Heru, mobil-mobil tersebut sudah memenuhi standar kenyamanan dan keamanan. Khusus untuk pengamamanan di jalan, para tamu negara akan dikawal Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Rencananya, lanjut Heru, 18 mobil itu dioperasikan selama empat hari terhitung mulai hari ini sampai hari pelantikan. Sedangkan empat unit lainnya sebagai mobil cadangan.

Selain itu, Kementerian Sekretariat Negara juga menyiapkan puluhan mobil pendukung berupa Toyota Camry, Alphard dan Fortuner.

Untuk menyewa 22 unit Mercy selama empat hari, kata Heru, Sekretariat Presiden mengeluarkan anggaran sekitar Rp1 miliar.

Sementara itu, untuk penginapan para tamu negara, pihak Sekretariat Presiden merekomendasikan sejumlah hotel di sekitar Gedung DPR/MPR, antara lain Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Hotel Sultan, dan Hotel Four Season.

Tapi, Sekretariat Presiden mempersilakan tamu negara yang ingin menginap di hotel berbintang lain walau lokasinya agak jauh dari loksi acara, seperti Hotel Mandarin dan Grand Hyatt.

Seperti diketahui, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, hari Minggu (20/10/2019).

Rangkaian upacara pengambilan sumpah jabatan akan diselenggarakan di Gedung MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, mulai pukul 14.30 WIB. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs