Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Ajak Masyarakat Beri Penghormatan Tinggi Pada Almarhum BJ Habibie

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prosesi pemakaman almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie Presiden ketiga Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).‎ Foto: Faiz suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden RI menjadi inspektur upacara pada pemakaman almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie Presiden ketiga Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya BJ Habibie.

“Dengan penuh rasa duka cita yang mendalam, pada hari ini kita semua, seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya presiden ketiga RI, yakni bapak profesor BJ Habibie,” ujar Presiden di TMPN Kalibata, Kamis (12/9/2019).‎

Kata Jokowi, BJ. Habibie adalah seorang negarawan sejati, inspirator, ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Ilmu, iman, dan taqwa harus bersatu. BJ Habibie adalah suri tauladan anak bangsa. Dan Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Jokowi menegaskan, semua yang hadir di pemakaman Habibie untuk memberikan penghormatan terakhir, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa bakti Habibie kepada bangsa semasa hidupnya

“Almarhum lahir di Pare-Pare Sulawesi Selatan, terlihat dari kisah perjalanan, sejak muda dia sudah visioner. Almarhum tidak hanya berfikir dirinya sendiri, tapi sudah memikirkan bangsa Indonesia. tidak hanya berfikir apa yang terjadi di indonesia saat ini, satu atau dua tahun mendatang, tapi sudah berfikir dan bekerja untuk membangun indonesia untuk 50-100 tahun ke depan untuk Indonesia bisa lepas landas,” tegas Presiden.

Dari visi Habibie, kata Jokowi, lahir industri-industri strategis. Pesawat Gatot Kaca mengudara pada 50 tahun kemerdekaan indonesia.

“Sebuah sejarah yang tertanam, menginspirasi kita untuk percaya diri, menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia,” jelasnya.

Presiden mengatakan, jasa BJ Habibie telah dinikmati rakyat Indonesia sekarang, yakni Demokrasi.

“Kita juga tidak akan pernah lupa jasa beliau ketika jadi presiden. Almarhum dengan cepat telah meletakan fondasi demokrasi Indonesia yang kita turut nikmati saat ini,” kata Jokowi.

“Tanpa kenal lelah terus mengingatkan kita semua untuk menjadi manusia-manusia terbaik yang selalu berhati Indonesia. Terus ingatkan pentingnya SDM Indonesia untuk diisi dan dikuatkan dengan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan,” imbuhnya.

Jokowi mengajak seluruh rakyat untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghormatan yang tinggi atas dharma bakti almarhum. Presiden mengajak untuk mendoakan almarhum, semoga almarhum diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah dan husnul khatimah.

“Kepada keluarga semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal,” ujar Presiden.

“Marilah kita lepas bapak BJ Habibie menghadap Allah dengan tenang. Semoga Allah berkenan menerima ibadah beliau. Selamat jalan, Mr. Crack, selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu: jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia,” pungkas Jokowi.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs