Jumat, 19 April 2024

Jokowi Presiden Menyerahkan Rp55 Juta untuk Zakat Tahun Ini kepada Baznas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memberikan arahan mengenai pentingnya zakat, Kamis (16/5/2019), di Istana Negara Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, hari ini, Kamis (16/5/2019), menyerahkan zakat tahun 2019 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di Istana Negara, Jakarta.

Tahun ini, Jokowi menyerahkan zakat sebanyak Rp55 juta. Jumlah zakat Presiden itu lebih banyak Rp5 juta dari yang dia berikan kepada Baznas tahun lalu.

Selain Presiden, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga tinggi negara, dan pejabat eselon I di kementerian/lembaga, serta Direksi BUMN juga ikut menyerahkan zakat bersama di Istana Negara.

Sebelum menyerahkan uang tunai kepada petugas amil zakat, Jokowi menyampaikan, zakat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, mengentaskan kemiskinan, serta mendorong Indonesia menjadi pusat ekonomi syariah dunia.

Presiden lalu mengajak semua pihak untuk menyalurkan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, teratur secara administrasi, dan penyaluran kepada penerimanya transparan.

“Saya mengajak para muzaki untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, dan juga ada keteraturan, tepat penyalurannya kepada mustahiq,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, ke depan pengumpulan dan penyaluran zakat bisa terintegrasi secara digital serta didukung basis data yang lebih baik, sehingga prosesnya tambah efektif dan efisien.

Sebelumnya, Bambang Sudibyo Kepala Baznas mengungkapkan, dalam lima tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan pembayaran zakat di Indonesia, naik sebanyak 26,64 persen. 

Dari potensi zakat senilai Rp232 triliun, sejauh ini yang bisa masuk ke Baznas baru sekitar Rp8,1 triliun.

Pada kesempatan itu, Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama, Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Sosial, Muhadjir Effendy Mendikbud, Arief Yahya Menteri Pariwisata, dan Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan juga ikut menyerahkan zakat.

Selain itu, terlihat juga Jenderal Tito Karnavian Kapolri, Prasetyo Jaksa Agung, Anwar Usman Ketua Mahkamah Konstitusi, dan Budi Waseso Direktur Utama PT Bulog.

Sekadar diketahui, penyaluran zakat bersama ini sudah dilakukan Jokowi Presiden dari tahun 2016. Tahun ini, selain di tingkat pusat, sejumlah pejabat daerah juga ikut membayar zakat lewat perwakilan Baznas di masing-masing daerah. (rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs