Jumat, 19 April 2024

Jokowi Presiden Serahkan 3200 Sertifikat Tanah di Gresik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyerahkan secara simbolis 3200 sertifikat tanah kepada perwakilan Warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019), di GOR Tri Dharma. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Kamis (20/6/2019), menyerahkan sebanyak 3.200 sertifikat tanah untuk masyarakat daerah Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Prosesi penyerahan sertifikat tanah secara simbolis itu dilakukan di Gelanggang Olahraga Tridharma Petrokimia Gresik.

Pukul 11.50 WIB, rombongan RI1 meninggalkan Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Jalan Kedung Tarukan, Surabaya, sesudah menghadiri acara akad nikah putri dari KH.Miftachul Akhyar Abdul Ghoni, Rais Aam PBNU.

Sebelum bergerak menuju Kabupaten Gresik, Presiden dan Ibu Negara tadi sempat singgah sebentar di Hotel Grand Dafam Surabaya. Lalu, pukul 12.35 WIB, rombongan Presiden berangkat menuju Kabupaten Gresik.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net yang ikut rombongan RI1, di pinggiran jalan dekat tempat acara, ratusan anak-anak sekolah dasar dan menengah berbaris rapi, memberi penghormatan kepada Presiden dan Ibu Negara dengan mengibarkan bendera merah putih ukuran mini.

Setibanya di Gelanggang Olahraga Tridharma Petrokimia Gresik, pukul 13.15 WIB, Jokowi Presiden disambut meriah oleh ribuan Warga Gresik dan sekitarnya.

Usai menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada 12 orang perwakilan warga masyarakat Kabupaten Gresik, Presiden berpesan supaya surat tanah itu dijaga dengan baik.


Ribuan warga Kabupaten Gresik menunjukkan sertifikat tanah yang baru didapat dari BPN Gresik. Foto: Farid suarasurabaya.net

Jokowi juga tidak melarang kalau sertifikat itu mau dijadikan agunan ke bank untuk modal usaha. Selain itu, Presiden juga mengingatkan cicilan ke bank juga perlu disesuaikan dengan kemampuan.

“Kalau sudah pegang sertifikat tanah, biasanya ada rencana untuk ‘menyekolahkan’ surat itu, iya kan? Tidak apa-apa, asalkan dihitung dulu bisa nyicil angsuran atau nggak? Kalau hitungannya tidak masuk, jangan dijadikan jaminan,” kata Presiden.

Sehubungan dengan sertifikasi tanah, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik menargetkan 53.500 bidang tanah sudah bersertifikat pada tahun 2019.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja Jawa Timur hari ini, antara lain Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Sofyan Djalil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN.

Kemudian, hadir juga di lokasi acara, Sambari Halim Radianto Bupati Gresik, serta Khofifah Indar Parawansa Gubernur Provinsi Jawa Timur.

Karena rangkaian acara kunjungan kerja sudah selesai, sekitar pukul 14.30 WIB, rombongan RI1 langsung menuju ke Bandara Internasional Juanda, untuk lepas landas ke Jakarta. (rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs