Selasa, 16 April 2024

Jumlah Pasien Hepatitis A di Pacitan Mulai Berkurang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pasien penderita Hepatitis A menjalani rawat inap. Foto: Antara

Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menyatakan jumlah penderita hepatitis A yang menjalani rawat inap sudah berkurang berkat upaya penanganan terpadu menyusul penetapan status Kejadian Luar Biasa penyakit menular tersebut.

“Akumulasinya memang bertambah, namun penderita yang menjalani rawat inap saat ini jauh menurun,” kata Indartato Bupati Pacitan saat menyampaikan keterangan pers di Pacitan, Senin (1/7/2019).

Menurut data Pemerintah Kabupaten Pacitan, saat ini tinggal 30 pasien hepatitis A yang menjalani rawat inap dengan perincian lima orang menjalani perawatan di Puskesmas Sudimoro, 20 orang di Puskesmas Ngadirojo, satu orang di Puskesmas Wonokarto, satu orang di Puskesmas Tegalombo, dan tiga orang di RSUD dr Darsono.

Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan pada masa awal hepatitis A merebak. Pada 19 Juni misalnya, jumlah penderita hepatitis A yang menjalani rawat inap bisa naik sampai 103 pasien dalam sehari.

“Bandingkan dengan sekarang. Dalam kurun dua hari ini saja kasus baru yang masuk dan terdeteksi hanya tiga orang. Semoga terus menurun semua,” kata Bupati dilansir Antara.

Indartato menyatakan, Pemerintah Kabupaten Pacitan bersama instansi terkait berhasil mengendalikan penularan infeksi virus hepatitis A setelah upaya penanggulangan intensif menyusul penetapan penularan penyakit itu sebagai Kejadian Luar Biasa.

Dengan dukungan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, TNI, POLRI, Universitas Airlangga, dan para relawan, Pemerintah Kabupaten Pacitan berusaha mengendalikan penularan dengan tata laksana kasus yang lebih baik, surveilans kesehatan lebih akurat, pengendalian faktor risiko, dan edukasi kepada masyarakat.

Bupati mengatakan bahwa kalau kasus baru hepatitis A tidak lagi muncul maka status Kejadian Luar Biasa kemungkinan akan diakhiri pada pertengahan bulan.(ant/tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs