Kamis, 25 April 2024

KBRI Kyiv Resmikan Stupa Borobudur di Ukraina

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pekerja dari Indonesia secara khusus didatangkan untuk mengerjakan Stupa Borobudur di Ukraina. Foto: KBRI Kyiv di Ukraina

Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) di Ukraina membangun replika Stupa Borobudur di Kyiv, ibukota Ukraina. Replika ini akan diresmikan 17 Agustus 2019 mendatang, sebagai simbol persahabatan dua negara, Indonesia dan Ukraina

Stupa Borobudur ini dijadwalkan melengkapi keindahan areal Taman Indonesia yang sukses dibangun dua tahun lalu di kawasan National Botanical Garden M. M. Gryshko yang luasnya ratusan hektar dan termasuk kebun raya terbesar di Ukraina.

Mengapa Borobudur?? Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, S.H., M.E., Duta Besar (Dubes) RI di Ukraina menyampaikan bahwa Borobudur adalah maha karya warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang menggambarkan kebesaran peradaban bangsa Indonesia.

Ditambahkan Yuddy bahwa peresmian stupa Borobudur di kebun raya tersebut akan dilakukan pada 17 Agustus 2019 mendatang bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 74 Republik Indonesia.

Acara besar yang dikemas dalam nuansa budaya Indonesia dipastikan akan digelar selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 16 Agustus hingga 18 Agustus 2019.

Puncaknya adalah 17 Agustus yang merupakan peresmian Stupa Borobudur sekaligus pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT RI ke 74 yang akan menjadikan acara ini sebagai momen historis peresmian Stupa Borobudur yang dipersembahkan sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dan Ukraina, dan sebagai hadiah menyambut HUT Kemerdekaan Ukraina yang ke 28 pada 24 Agustus mendatang.

Berbagai persiapan tengah dilakukan oleh para staf KBRI Kyiv saat ini. Rencananya, peresmian stupa Borobudur sekaligus resepsi diplomatik HUT RI akan dihadiri oleh para tokoh masyarakat Ukraina, Kepala Perwakilan Asing dan Organisasi-organisasi Internasional di Ukraina, seluruh mitra KBRI, friends of Indonesia, masyarakat Indonesia di Ukraina, para pejabat tinggi Ukraina, dan disinyalir akan dihadiri pula oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy.

Untuk ini, Yuddy memohon doa restu dari tanah air agar rencana besar yang akan menjadi moment bersejarah dalam hubungan persahabatan kedua negara ini dapat terwujud dengan baik dan lancar.

Pembangunan Stupa Borobudur itu sendiri sudah selesai sejak akhir Juni lalu. Pengerjaannya memakan waktu 51 hari dibangun oleh 3 orang pekerja bangunan seni yang khusus didatangkan dari Indonesia.

Saat ini, hanya tinggal menyelesaikan pembangunan jalan tangga yang menghubungkan stupa dengan areal Paviliun Indonesia serta pembenahan areal taman untuk persiapan peresmian Stupa Borobudur di Ukraina.

National Botanical Garden M.M. Gryshko, merupakaan kebun raya terbesar di Kyiv dan termasuk salah satu yang terbesar di Ukraina yang memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis dan subtropis.

Kebun raya seluas 1,2 km2 (120 hektar) ini dibangun pada tahun 1932 dan merupakan obyek wisata keluarga tak pernah sepi pengunjung. (tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs