Selasa, 7 Mei 2024

Kali Ketiga, Sri Mulyani Kembali Jadi Menkeu Terbaik Se-Asia Pasifik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan. Foto: kemenkeu.go.id

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (Menkeu) dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia, pada 2 April 2019 lalu. FinanceAsia sendiri adalah sumber resmi wilayah Asia untuk berita keuangan, investasi perbankan, ekonomi dan pasar modal.

Penobatan ini menjadi capaian yang ketiga kalinya bagi Sri Mulyani setelah sebelumnya, majalah FinanceAsia menjadikannya sebagai Menteri Keuangan terbaik se-Asia Pasifik pada tahun 2017 dan 2018.

Menurut FinanceAsia yang dilansir dari laman resmi Menteri Keuangan di akun facebook, Kamis (4/4/2019), Sri Mulyani dianggap berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik dengan mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 (1,76 persen dari Produk Domestik Bruto/PDB).

Selain itu, melalui program Amnesti Pajak yang diluncurkan pada tahun 2016-2017, Sri Mulyani berhasil meningkatkan kepatuhan pajak atau tax compliance yang sukses meningkatkan penerimaan perpajakan.

Melalui Global Green Sukuk pula, Sri Mulyani dianggap dapat mengantarkan Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual green bonds dan surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan hingga 1,25 miliar dolar AS.

Pencapaian Sri Mulyani juga gemilang saat Pemerintah bersama Bank Indonesia dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Terlebih di tengah pelemahan nilai tukar seiring perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.(tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs