Selasa, 23 April 2024

Kapasitas Parkir di TIJ Surabaya Mampu Tampung 320 Kendaraan Roda Empat

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) Surabaya, Jawa Timur, yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Foto: info surabaya

Kapasitas lahan parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) Surabaya, Jawa Timur, yang saat ini masih dalam proses pembangunan diperkirakan menampung sebanyak 320 kendaraan roda empat, 500 unit roda dua, 8 unit bus pariwisata dan 100 unit sepeda angin.

Irvan Wahyudrajat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya di Surabaya, Jumat (3/5/2019) mengatakan puhaknya berharap park and ride (fasilitas parkir) itu TIJ dapat menambah ruang titik parkir baru untuk mengatasi kemacetan di kawasan Kbun Binatang Surabaya (KBS).

“Kita estimasi pengerjaan plasa, park and ride yang berada di TIJ serta underpass (jalan bawah tanah) bisa selesai pada bulan Desember 2019, sehingga tahun 2020 masyarakat bisa menggunakannya,” katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, jumlah pengunjung KBS di hari libur yang terus meningkat, membuat volume parkir kendaraan di beberapa titik menjadi penuh, seperti di Jalan Setail. Sehingga hal ini membuat kemacetan di sekitaran jalan KBS juga meningkat.

Untuk itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya menambah titik lokasi parkir untuk kendaraan besar seperti bus yang berada di park and ride TIJ. “Kita berharap pembangunan park and ride ini dapat mengatasi problem ruang parkir untuk para pengunjung KBS,” katanya.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya sebelumnya mengatakan underpass diperkirakan bisa dioperasionalkan pada Desember 2019. Dengan begitu, kata dia, seluruh bangunan di Joyoboyo, termasuk underpass, plasa dan park and ride bisa digunakan masyarakat awal 2020.

Menurut dia, dengan adanya underpass tersebut, jalanan di sekitar Joyoboyo hingga KBS tidak akan terganggu karena volume pengunjung KBS sudah diatasi, jika pengerjaan underpass selesai. “Pintu masuk (KBS) tetap, nanti parkirnya di sini (KBS) dikurangi, bus itu semua nanti parkirnya di Joyoboyo (park and ride),” katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah menentukan posisi titik masuk dan keluar untuk jalur underpass tersebut. Wali Kota Risma menyebut, pintu masuk underpass berada di dekat Polsek Wonokromo, sedangkan pintu keluar berada di dekat pintu masuk sisi selatan KBS.

“Jadi underpass-nya memang buat pengunjung (manusia) khusus, jadi tidak ada kendaraan. Jadi kalau dia mau pindah angkot atau apa, dia bisa turun nyebrangnya pakai ini (underpass),” katanya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs