Jumat, 26 April 2024

Kastil Shuri Jepang, Situs Warisan Dunia di Okinawa Terbakar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Kebakaran telah menghancurkan sebagian besar Kastil Shuri, sebuah situs Warisan Dunia di pulau Okinawa, Jepang selatan. Foto: bbc

Kebakaran telah menghancurkan sebagian besar Kastil Shuri, sebuah situs Warisan Dunia di pulau Okinawa, Jepang selatan, dengan aula utamanya sudah berubah menjadi sebuah kerangka.

Tayangan televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran masih berjuang melawan api di bangunan kayu kastil multi-struktur pada Kamis (31/10/2019) pagi. Permintaan telepon bantuan darurat pertama tentang kebakaran itu terjadi sekitar pukul 02.47 pagi (1747 GMT), kata penyiar publik NHK.

Sebuah objek wisata yang populer, Shuri dibangun lebih dari 500 tahun yang lalu sebagai istana bagi keluarga kerajaan Ryukyu. Kebakaran kastil itu terjadi di tengah-tengah festival pertengahan musim gugur tahunannya. Tempat itu telah dijadwalkan untuk masuk sebagai salah satu perhentian pada rute obor Olimpiade Tokyo 2020, seperti dilansir Antara.

Terletak di puncak bukit yang menghadap ke kota Naha dan dikelilingi oleh dinding-dinding batu yang melengkung, kastil dan bangunan-bangunan di sekitarnya dicat merah cerah, dan dikenali dari atap-ubin yang miring.

Kastil itu pernah hancur dan dibangun kembali setelah kebakaran berkali-kali – yang paling baru dalam Pertempuran Okinawa pada 1945.

Setelah Perang Dunia II, kastil tersebut berfungsi sebagai kampus untuk universitas negeri terbesar di Okinawa hingga pertengahan 1970-an. Setelah restorasi, kastil dibuka kembali sebagai taman nasional pada tahun 1992. Kastil ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia pada tahun 2000. Selain aula utama, aula utara dan selatan telah hancur, kata NHK. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs