Kamis, 28 Maret 2024

Kaukus Pancasila Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan Untuk Pelajar SLTP Nganjuk

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kaukus Pancasila saat memberi pembekalan di SLTP Nganjuk. Foto: Istimewa

Eva Kusuma Sundari Ketua Kaukus Pancasila memberikan motivasi kebangsaan kepada sekitar 2000 pelajar SMP dan MTs di Nganjuk, Rabu (18/12/2019).

Dalam rilis, Jumat (20/12/2019), acara dihadiri oleh Marhaen Djumadi wakil Bupati Nganjuk dengan dihadiri para kepala sekolah SMP dan MTs se-Kecamatan Nganjuk dan pejabat Forkompida.

Dalam pembekalannya, Wabup dari PDIP tersebut menguraikan asal nama Nganjuk yang diambil dari Prasasti Anjuk Ladang tertanggal 1082 Masehi yang artinya Tanah Kemerdekaan.

“Nganjuk mewarisi jiwa merdeka yang menjadi tujuan belajar merdeka yang muaranya adala manusia-manusia unggul warga dunia yang tetap mencintai dan membela bangsanya ,” ujar Kang Marhaen panggilan akrab Wabup.

Sebelum memulai pembekalan, Eva Sundari memperkenalkan Salam Pancasila kepada para peserta yang antusias mempraktekkannya beberapa kali. Lagu nasional Garuda Pancasila dan Bangun Pemudi Pemuda dinyanyikan diselingi yel-yel penambah semangat peserta.

Setelah melakukan dialog interaktif dengan beberapa siswa, Eva Sundari mengajak diskusi terkait konsep BELA NEGARA.

“Bekerja keras dan menjadikan diri kita manusia unggul dan merdeka adalah kunci kemajuan bangsa. Pastikan kita mempunyai 3 kecerdasan sekaligus yaitu bahasa, angka, dan komunikasi yang harus dibekali dengan penguasaan teknologi,” kata Eva.

Menurut Eva, Pancasila memberikan modal bagi pembentukan karakter berjiwa merdeka karena hanya siswa yang toleran yang mampu mengelola perbedaan sehingga mampu bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Gotong royong atau kolaborasi merupakan kunci bagi penciptaan kemajuan-kemajuan. Hanya dengan persatuan kita bisa bermusyawarah untuk menciptakan keadilan sosial bagi bangsa dan dunia,” jelas Eva.

Acara yang diprakarsai oleh Kesbangpol Kabupaten Nganjuk tersebut akan dilanjutkan per kecamatan secara bergiliran.

“Setelah melaksanakan penguatan wawasan kebangsaan untuk pelajar SLTA maka kita melanjutkannya untuk SLTP, bahkan ke SD, TK dan Paud. Semakin dini kita mengenalkan Pancasila semakin kuat kita bisa membentuk kepribadian siswa berdasar Pancasila,” kata Imam Ashari, Kepala Kesbangpol saat membuka acara.(faz/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs