Jumat, 29 Maret 2024

Kebakaran Lahan, Warga di Sedati Alami Sesak Napas dan Gangguan Penglihatan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Warga di kawasan Bougenvil, Sedati, Sidoarjo, berhamburan keluar saat asap tebal mulai memasuki permukiman, Selasa (13/8/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Kebakaran lahan kosong yang terjadi sejak Selasa (13/8/2019) siang sekitar pukul 13.00 WIB di kawasan Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, saat ini asapnya telah merembet ke rumah warga, khususnya warga di kawasan Bougenvil.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, saat ini warga berhamburan keluar karena asap tebal sudah mulai memasuki rumah-rumah. Bahkan saking tebalnya, jarak pandang sangat minim karena kondisi gelap terkena asap.

Sedangkan untuk bantuan, warga saat ini sangat membutuhkan bantuan untuk evakuasi ke tempat yang lebih aman. Mereka juga membutuhkan tim kesehatan karena banyak lansia dan anak-anak yang mengalami sesak napas. Sedangkan unit PMK yang diterjunkan ke lokasi baru satu unit saja.


Kondisi jalan di kawasan Bougenvil, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo yang tertutup asap pekat. Foto: Abidin suarasurabaya.net

“Kita butuh masker atau apalah, ini mata kita perih semua, tidak kelihatan apa-apa. Semua orang keluar rumah,” kata Ina Surbakti warga Jalan Bougenvil RT 25 RW 11, Desa Pepe, Kecamatan Sedati.

Bahkan sebagian warga mematikan listrik di rumah mereka. Warga sangat kesulitan melakukan aktivitas karena penglihatan perih dan kabur terkena asap.

Hingga sore ini, api terus membesar dan mengarah ke barat. Di sana, terdapat beberapa pemukiman, khususnya Perumahan Griya Candramas yang menjadi sasaran dampak asap selanjutnya.(bid/tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs