Sabtu, 11 Mei 2024

Kecewa, Yuli Pilih Tak Berharap ke Pemerintah Indonesia Setelah Dideportasi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Yuli Arista, buruh migran Indonesia yang juga seorang jurnalis warga, saat berbicara kepada pers di sekretariat AJI Surabaya pada Selasa (3/12/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Yuli Arista, buruh migran Indonesia yang juga seorang jurnalis warga, memilih tak berharap ke pemerintah Indonesia untuk berpihak pada kasus yang menyeretnya hingga dideportasi kembali ke tanah air. Ia mengatakan, dirinya sangat kecewa dengan sikap Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong pada kasusnya.

“Saya tidak memiliki harapan apapun (pada pemerintah Indonesia, red). Bahkan saya merasa sangat kecewa, karena selama saya ada di tahanan, KJRI di Hong Kong sebagai perwakilan pemerintah Indonesia telah membuat pernyataan sikap dan komentar, yang dikutip di media yang kesannya malah memanfaatkan kasus saya untuk hal yang saya sendiri tidak mengerti,” ujar Yuli di Sekretariat AJI Surabaya pada Selasa (3/12/2019).

Ia menuduh KJRI membuat cerita sendiri yang berbeda dari keadaan yang ada. Salah satu contohnya, pernyataan KJRI yang menyatakan jika pihak mereka sudah berupaya melakukan pendampingan tapi ditolak oleh Yuli.

“Pada kenyataannya, kasus saya tidak ada satupun pihak KJRI yang menawarkan bantuan, atau mendampingi saya dan memastikan hak-hak saya terpenuhi,” tegasnya.

Sebelumnya, melalui keterangan tertulis kepada Media, KJRI Hong Kong yang diwakili Vania Lijaya Konsul Muda Penerangan Sosial dan Budaya pada Senin (2/12/2019) mengatakan, pihaknya sejak awal sudah mengikuti kasus ini dan KJRI selalu berubaya memberikan bantuan. Namun, Yuli menolak dibantu oleh KJRI. Meski begitu, dalam keterangan tertulis itu, KJRI tetap berkoordinasi dengan imigrasi Hong Kong untuk memastikan hak-hak hukum yang bersangkutan terpenuhi.

Yuli mengaku, saat ini pihaknya lebih memilih terus berkoordinasi dengan NGO (LSM) di Hong Kong dan pengacaranya.

“Tadi mereka bilang minggu ini akan adakan aksi solidaritas untuk saya, dan mereka sedang mengajukan proposal dan izin aksinya ke pihak kepolisian Hongkong. Kalau disetujui, hari Sabtu, mereka ada aksi solidaritas untuk saya,” jelasnya.(bas/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
31o
Kurs