Sabtu, 11 Mei 2024

Khofifah Berharap Ada Lagi Sosok Seperti Mbah Maimoen

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat mengikuti salat gaib di Masjid Al-Akbar Surabaya pada Selasa (6/8/2019) malam. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur berdoa, agar Allah memberikan lagi sosok seperti KH Maimoen Zubair di Indonesia. Ini dikatakannya seusai menggelar salat gaib di Masjid Al-Akbar Surabaya pada Selasa (6/8/2019).

Menurutnya, Mbah Maimoen adalah sosok yang tak mudah digantikan, jika dilihat dari kualitas kearifan, kebijaksanaan, dan wawasannya. Ia juga mengatakan, bahwa mbah Maimoen dihormati berbagai kalangan ulama dari dalam dan luar negeri.

Tak hanya itu, Khofifah menilai, banyak hal dalam diri mbah Maimoen yang tak diketetahui masyarakat luas. Seperti perspektif pluralismenya dan juga jaringan internasional yang dimiliki ulama besar tersebut. Hal ini tak lepas dari sosok mbah Maimoen yang dinilai bersahaja.

“Beliau juga menyampaikan betapa keberagaman ini harus dijaga, perspektif pluralismenya beliau saya rasa sedikit sekali yang mengerti. Bagaimana seorang mbah Maimoen Zubair memiliki perspektif tentang pluralisme yang luar biasa,” ujar Khofifah pada Selasa (6/8/2019) malam.

“Mungkin sangat sedikit di antara kita yang mengetahui jaringan internasionalnya beliau luar biasa. Sehingga kapan kita ketemu, beliau selalu update bagaimana fenomena kehidupan antar negara, antar bangsa, dan bagaimana beliau cerita, terjadi perang dagang antara Amerika dan China, kemudian beliau mengingatkan kembali dulu Gus Dur pernah meyampaikan kekuatan Cina, India, Indonesia ini luar biasa dan seterusnya,” lanjutnya.

Khofifah berharap, doa yang dilantunkan masyarakat Jawa Timur bagi almarhum KH Maimoen Zubair dapat mengantarkan ulama tersebut menuju surga. Seperti diketahui, almarhum meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Makkah pada Selasa (6/8/2019) pagi. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
29o
Kurs