Sabtu, 20 April 2024

Lahan Stren Kali Mas Sisi Ngagel Disulap Menjadi Taman

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sejumlah tim DKRTH meninjau jogging track dan taman di Stren Kali Mas Ngagel yang memanjang dari depan Novotel sampai Jembatan Ujung Galuh, Rabu (10/7/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya menyulap lahan stren Kali Mas di kawasan Jalan Ngagel menjadi ruang terbuka hijau berupa taman dan jogging track. Taman di tepi sungai ini dikonsep sedemikian rupa dengan lampu-lampu hias di atas jogging track agar terkesan lebih instagramable.

Eri Cahyadi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya mengatakan, taman di Ngagel ini dibangun untuk ruang publik sekaligus destinasi wisata air. Taman ini akan dilengkapi kursi taman, beberapa mainan anak-anak, dan dermaga untuk perahu wisata air.

“Di tempat parkir akan didesain ruang bagi pedagang kaki lima yang bisa mencari penghasilan dari wisata perahu saat malam hari,” ujar Eri saat sidak di lokasi taman Ngagel di depan Novotel, Rabu (10/7/2019).

Eri Cahyadi Plt Kepala DKRTH Kota Surabaya saat meninjau pembangunan taman dan jogging track di Stren Kali Mas Ngagel, Rabu (10/7/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Eri mengatakan, pembangunan taman dan jogging track ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Cipta Karya. Untuk dermaga dan perahu akan disokong Dinas Pariwisata Kota Surabaya, sedangkan paving jogging track dibantu Dinas Cipta Karya Surabaya.

“Ini dibangun bersama oleh satgas, baik dari Pariwisata, DKRTH maupun Cipta Karya,” katanya.

Adapun ukuran total taman beserta jogging track itu seluas dua hektare. Rinciannya panjang jogging track 377 meter dengan lebar lima meter mulai depan Novotel sampai Jembatan Ujung Galuh.

“Harapan kami masyarakat bisa menghirup udara segar di Surabaya sambil menikmati wisata air naik perahu dari sini sampai Jembatan sana,” katanya. (bid/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs