Sabtu, 20 April 2024

Lereng Panderman Terbakar, Ratusan Pendaki Berhasil Dievakuasi

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Kondisi lereng gunung Panderman yang terbakar, Minggu (21/7/2019) malam. Foto: pendengar SS via whatsapp SS

Ratusan pendaki Gunung Panderman telah dievakuasi saat lereng gunung Panderman terbakar, Minggu (21/7/2019) malam.

Achmad Rochim Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu mengatakan, operasi pemadaman lereng yang terbakar belum dilakukan pada Minggu malam karena petugas fokus evakuasi pendaki.

“Semua pendaki juga sudah dievakuasi sampai pukul 10 malam. Yang di Gunung Panderman ada 25 rombongan, sekitar 100 orang sudah dievakuasi semuanya. Untuk yang jalur tikus tidak ada pendaki yang ditemukan, semua sudah terdaftar,” kata Achmad Rochim pada Radio Suara Surabaya.

Kata Rochim, kebakaran lereng Gunung Panderman ada di 2 titik yakni puncak gunung Panderman lereng timur dan utara. Sedangkan luasa lereng yang terbakar mencapai 30-40 hektar. Personel akan membawa alat tradisional menggunakan metode sekat bakar. Personel yang disiapkan tercatat ada 100 orang dan sudah dibagi dari berbagai unsur.

“Luas lahan yang terbakar juga sudah luas. Dari relawan juga siap membantu. Jik memang rambatan api cukup besar, kita gunakan metode bakar balik. Lokasi yang belum terbakar akan dirembetkan ke wilayah lain agar tidak terlalu besar,” ujarnya.

Terkait penyebab kebakaran lereng, kata Rochim, masih belum bisa dipastikan karena masih susah untuk melakukan analisa. Kronologinya juga masih belum dipastikan.

“Selain operasi pemadaman, nanti juga akan ada penyelamatan 46 orang yang masih ada di sebagian wilayah Gunung Butak,” pungkasnya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs