Jumat, 3 Mei 2024

Luncurkan Program Jatim Amanah, Khofifah-Emil Tuntaskan 99 Hari Kerja

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menandai penuntasan 99 Hari Kerja Pertama Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dengan peluncuran Program Jatim Amanah di Gedung Negara Grahadi, Selasa (28/5/2019).

Jatim Amanah adalah program bantuan hukum bagi masyarakat miskin. Program ini mensinergikan 61 Organisasi Bantuan Hukum (OBH) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang terakreditasi di Jawa Timur untuk membantu masyarakat miskin.

“Tentunya, sinergitas OBH dan LBH, Kabag (Kepala Bagian) Hukum di lingkungan kabupaten/kota, dan Karo (Kepala Biro) Hukum di Jatim dapat memberikan percepatan pelayanan hukum bagi masyarakat miskin secara gratis,” katanya.

Dalam waktu dekat, kata Khofifah, Pemprov akan menyosialisasikan di mana saja titik-titik tempat masyarakat bisa mendapatkan layanan bantuan hukum ini. Pemprov Jatim, kata dia, juga akan melakukan pemetaan kendala-kendala.

“Kalau masih ada kendala-kendala, kami akan melakukan rakor untuk memetakan kasus apa saja, layanan hukum apa saja, dan siapa saja yang bisa dibutuhkan keluarga kurang mampu di Jawa Timur, sehingga pelayanan semakin luas,” ujarnya.

Sebelumnya, Khofifah sempat menyampaikan dengan diluncurkannya program Jatim Amanah Selasa sore ini, maka tuntaslah sudah proses 99 Hari Kerja Pertama dirinya dengan Emil sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

“Saya bisa katakan begitu. Setelah kami membagi 99 hari kerja dengan 33 hari pertama, 33 hari kedua, 33 hari ketiga, memang tinggal program ini (bantuan hukum untuk masyarakat miskin) yang harus dilaunching,” ujarnya.

Meski demikian, Khofifah mengatakan memang ada lagi yang tersisa tapi sudah dilakukan. Yakni apresiasi terhadap Seniman dan Budayawan di Jawa Timur. Khofifah mengklaim, dia telah menggelar Temu Seniman dan Budayawan, hari ini.

Perlu diketahui, 99 Hari Pertama Khofifah-Emil merupakan hasil dari penjabaran atas program kampanye mereka: Nawa Bhakti Satya, yang terdiri dari sembilan Bhakti yang akan mereka wujudkan.

Lantas adakah 99 Hari Kedua yang akan mereka rencanakan untuk menyempurnakan program-program yang sudah diinisiasi selama 99 Hari Pertama? Khofifah mengaku belum memutuskan.

“Tapi itu sudah kami diskusikan,” ujarnya. Keputusan atas diskusi itu, dia mungkinkan akan ada pada hari ini juga. Saat ini, Khofifah-Emil mengundang sejumlah wartawan di Jawa Timur dalam sebuah konferensi pers mengenai capaian 99 hari kerja di Grahadi.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
31o
Kurs